Wali Kota Medan, Sumatera Utara, Bobby Nasution, memberikan penghargaan kepada 211 insan olahraga berprestasi baik tingkat provinsi, nasional maupun internasional di daerah ini.

"Penghargaan kepada 157 atlet, 35 pelatih, dan 19 asisten pelatih yang berprestasi," ucap Bobby dalam acara yang dihadiri unsur Forkopimda Kota Medan, Selasa.

Pemberian penghargaan berupa uang dan sertifikat ini, katanya, sebagai salah satu bentuk apresiasi Pemkot Medan dan memotivasi atlet agar terus meningkatkan prestasi.

Wali kota mempertegas komitmen Pemkot Medan dalam memajukan olahraga di wilayah ibu kota Provinsi Sumatra Utara tersebut.

Pihaknya mengatakan, salah satu wujud komitmen Pemkot Medan dalam memajukan olahraga adalah renovasi pembangunan Stadion Teladan.

"Tadi pagi groundbreaking (peletakan batu pertama) Stadion Teladan. Insya Allah Oktober, ditargetkan rampung dan sudah bisa digunakan," ujarnya.

Wali kota mengungkapkan nantinya Stadion Teladan bertaraf internasional dan standar FIFA, sehingga pemain sepak bola seperti Messi dan Cristiano Ronaldo bisa bermain di stadion itu.

"Tetapi bukan itu yang penting, karena ada yang lebih penting dari itu. Jika Indonesia Emas 2045 terwujud, bukan lagi kita begadang nonton MU lawan Arsenal, tetapi orang Inggris begadang menunggu pertandingan PSMS lawan Persija, PSMS lawan Bali United," ungkap dia.

Pihaknya juga mengatakan, masa Indonesia Emas 2045 nantinya industri olahraga akan lebih hidup di negara ini, khususnya ibu kota Provinsi Sumatera Utara.

"Untuk itu, kita harus mempersiapkan diri mulai sekarang agar dapat kompetitif di masa tersebut," tegas Bobby.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Medan Dammikrot Harahap melaporkan, sebanyak 211 atlet telah mengukir prestasi di tingkat provinsi, nasional dan internasional.

Salah seorang atlet penerima penghargaan itu adalah Khairunisa. Atlet disabilitas ini meraih 3 emas dan 1 perak di Asian Paragames, Hangzhou, China, pada cabang catur. Atas prestasi ini Khairunisa mendapat apresiasi Pemkot Medan sebesar Rp265 juta.

"Perolehan medali tingkat provinsi sebanyak 139 medali, tingkat nasional 62 medali, dan tingkat internasional meliputi Sea Games, Asean Paragames, dan Asian Paragames 44 medali," katanya.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024