Sebanyak 445 orang satuan perlindungan masyarakat (Satlinmas) desa/kelurahan  pada zona dua di Tapanuli Selatan (Tapsel) mendapat pembinaan dan pembekalan menjelang Pemilihan Umum serentak 14 Februari 2024.

Bupati Tapsel Dolly Pasaribu hadir dan membuka acara pembekalan Satlinmas yang berlangsung di area lapangan Sarasi II, Desa Pintu Padang, Kecamatan Batang Angkola, Tapsel, Selasa (6/2) tersebut.

Zona dua ini meliputi Kecamatan Angkola Selatan, Kecamatan Muaratais, Kecamatan Batang Angkola, Kecamatan Sayur Matinggi, dan Kecamatan Tantom Angkola dari seluruh 15 kecamatan se-Tapsel.

Adapun pesan-pesan Bupati Tapsel kepada seluruh 445 orang Satlinmas (Satuan Perlindungan Masyarakat) desa/kelurahan di zona dua itu antara lain satlinmas dapat menciptakan kondusifitas daerahnya masing-masing.

"Satlinmas selaku ujung tombak keamanan di desa/kelurahan masing-masing dapat menciptakan suasana yang kondusif apalagi menjelang dan saat pemilihan umum berlangsung," harap Bupati.

Selain itu, satlinmas, lanjut Bupati, merupakan perpanjangan tangan pemerintah yang juga berwenang menjaga terhadap keamanan desa maupun kelurahan.

Harapan lainnya, Bupati, mengajak Linmas yang turut mengamankan tempat pemungutan suara (TPS) saat pemilu untuk dapat bersikap ramah serta jangan sampai memengaruhi hak demokrasi pemilih apalagi memaksa.

"Kiranya dengan adanya pembinaan dan pembekalan ini pemilihan umum serentak 14 Februari 2024 dapat berjalan aman dan lancar serta dapat tetap koordinasi dengan pihak aparat keamanan," ujar  Bupati.

Sementara itu, Kasatpol PP Tapsel, Jhonni Gumansi, selaku ketua panitia penyelenggara mengatakan seluruh 445 orang Satlinmas berasal dari lima orang per desa dari lima kecamatan itu.

Jhonni, lanjut mengatakan tujuan dari pembinaan dan pembekalan yang dihadiri Kanit Dalmas Polres Tapsel, dan Kaban Kesbangpol Tapsel Hamdy S Pulungan tersebut untuk memberikan pemahaman tugas pokok dan fungsi Satlinmas.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024