Perusahaan Umum Daerah (PUD) Pembangunan selaku pengelola Kebun Binatang Medan atau Medan Zoo menyebut pakan sebanyak 155 ekor satwa masih dibantu Perhimpunan Kebun Binatang se-Indonesia (PKBSI).
 
"Sampai tanggal 15 Februari 2024, (pakan satwa) masih dibantu PKBSI," kata Plt Direktur Utama PUD Pembangunan Bambang Hendarto di Medan, Ahad.
 
Bambang melanjutkan, pihaknya pun sedang mengajukan surat permohonan untuk memperpanjang bantuan pakan satwa dari perhimpunan kebun binatang tersebut.
 
Medan Zoo menyatakan biaya yang harus dikeluarkan untuk pakan sebanyak 155 satwa mencapai Rp90 juta per bulan. Akibat krisis finansial, Medan Zoo masih berutang biaya pakan tiga bulan sebesar Rp270 juta.
 
"Kita lagi coba komunikasi juga sama PKBSI, dan sama Rahmat Shah (Ketua Umum PKBSI). Mudah-mudahan bisa diperpanjang," katanya.
 
Selain itu, pihaknya juga sudah menjalankan rencana lain dalam mendapatkan bantuan pakan satwa melalui program orang tua asuh atas hewan yang dilindungi tersebut.
 
"Kita sambil menunggu program-program yang kemarin sudah direncanakan. Mudah-mudahan di Februari ini sudah bisa kita lakukan program orang tua asuh itu," papar Bambang.
 
Perhimpunan Kebun Binatang se-Indonesia bulan lalu tengah membantu penanganan permasalahan satwa di Medan Zoo di Medan, Sumatera Utara.
 
"Upaya itu adalah inisiatif PKBSI. Kami sudah membantu secara teknis dengan menempatkan empat personel di Medan Zoo untuk pengelolaannya," kata Sekjen PKBSI Tony Sumampau.
 
Selain membantu teknis pengelolaan, kata dia, PKBSI juga memberikan bantuan pakan kepada satwa di Medan Zoo senilai Rp3 juta per hari.
 
Hanya saja, lanjutnya, dalam aspek bantuan pembiayaan PKBSI punya keterbatasan sehingga hanya bisa dalam waktu tertentu.
 
"Untuk bantuan pembiayaan pakan satwa, PKBSI maksimal hanya dapat memberikan hingga empat bulan ke depan," kata Tony yang juga Komisaris Lembaga Konservasi satwa Taman Safari Indonesia (TSI) Cisarua, Bogor itu.
 
 
 
 
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Medan Zoo sebut pakan 155 satwa masih dibantu PKBSI

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024