Wali kota Medan, Sumatera Utara, Bobby Nasution meminta program Masjid Mandiri terus mengembangkan ekonomi keumatan, salah satunya membantu warga sekitar masjid di daerah tersebut.

"Minimal para jemaah menjadi lebih peduli terhadap sesama, tetangga dan warga yang berada di sekitar masjid," ungkap Bobby saat menghadiri Safari Jumat Pemkot Medan di Masjid Taufik, Jalan Masjid Taufik Medan, Jumat.
 
Program Masjid Mandiri, kata dia, salah satu program yang digagas pihaknya sejak dilantik menjadi Wali Kota Medan oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi di Medan, 26 Februari 2021.
 
Melalui program ini masjid didorong untuk mengembangkan ekonomi keumatan, seperti pembentukan koperasi masjid yang dapat meningkatkan perekonomian para jemaah.
 
Data Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Medan, Sumatera Utara, menyebutkan jumlah masjid di Kota Medan saat ini tercatat sekitar 1.115 masjid dan lebih dari 800 mushola.

"Adanya koperasi masjid, para jemaah dapat memanfaatkan untuk meningkatkan ekonomi, dengan begitu jemaah akan makmur dan begitu pula dengan masjidnya juga akan ikut makmur," katanya.
 
Wali kota juga mengungkapkan masjid harus difungsikan seperti pada zaman Rasulullah SAW, dimana masjid tidak hanya difungsikan sebagai tempat ibadah saja.

Melainkan masjid sebagai tempat pendidikan, pusat pengembangan kegiatan ekonomi keumatan dan juga kegiatan sosial lainnya.
 
Wali Kota Medan Bobby Nasution dalam Safari Jumat Pemkot Medan menyerahkan sejumlah bantuan, di antaranya hibah sebesar Rp50 juta renovasi masjid, dan bantuan sosial Rp10 juta.

Kemudian bantuan bibit cabai dan budidaya ikan, lalu bantuan perlengkapan tenis meja, bantuan satu unit steling usaha, bantuan rak buku serta akte pendirian koperasi Masjid Taufik
 
"Kami ingin melalui program ini kepedulian sosial di antara masyarakat kita juga semakin meningkat. Jangan sampai ada jemaah atau tetangga kita mengalami kesusahan, tapi kita malah tidak peduli," tegas Bobby.
 
Ketua BKM Masjid Taufik Heri Novandi mengapresiasi Wali Kota Medan Bobby Nasution yang telah memilih Masjid Taufik sebagai tempat berlangsungnya kegiatan Safari Jumat Pemkot Medan.
 
Dirinya juga merasa bersyukur atas bantuan yang diberikan oleh Pemkot Medan. "Bantuan ini akan digunakan untuk membangun kamar mandi, pelebaran pintu dan juga membangun rumah imam," katanya.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024