Satu unit rumah dan satu unit sepeda motor honda vision hangus terbakar dilalap api di Dusun Huta Baru, Desa Sibalanga, Kecamatan Garoga, Kabupaten Tapanuli Utara.

Kapolres Taput AKBP Ernis Sitinjak melalui Kasi Humas Aiptu Walpon Baringbing mengatakan, pemilik rumah dan sepeda motor yang mengalami kebakaran adalah Usor Lubis (57), warga Dusun Huta Baru, Desa Sibalanga, Garoga, Taput.

"Saat kejadian, semalam, Selasa, 16 Januari 2024, pemilik rumah dan keluarganya sedang tidak berada di rumah," sebut Aiptu Walpon, Rabu (17/1). 

Berdasarkan keterangan saksi Rifa Safri Doli Siagian (34) kepada polisi menjelaskan, saat dirinya masuk ke dalam rumah hendak mengambil air, dia telah melihat asap keluar dari dalam kamar rumah milik Usor.

"Penasaran akan peristiwa itu, Rifa mengintip dari lobang pintu kamar dan api sudah membakar asbes rumah. Lalu dengan cepat api membesar karena rumah terbuat dari kayu yang sudah lapuk," terangnya.

Saksi pun bergegas keluar dan meminta tolong warga sekitar hingga warga segera berdatangan namun api sudah membakar seisi rumah.

Warga tidak bisa berbuat banyak, sebab meski melakukan penyiraman dengan air seadanya, namun tidak mampu memadamkan jilatan api.

"Saat itu pemilik rumah sedang bekerja di ladang dan sepeda motornya ditinggal di rumah dengan terkunci," imbuh Aiptu Walpon.

Sesuai hasil olah TKP dan keterangan para saksi, polisi menjelaskan bahwa api diduga bersumber dari arus pendek listrik karena sempat melihat kabel listrik terbakar di dalam kamar rumah korban.

"Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian material diperkirakan Rp.100 juta," tukasnya.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024