Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly Pasaribu menyatakan suksesnya perhelatan Pemilu 2024 tidak saja tugas penyelenggara saja, namun merupakan tanggung jawab semua pihak termasuk pemerintah dan masyarakat.

Dolly menegaskan itu di acara sosialisasi Pemilu 2024 bagi aparat kecamatan, lurah dan kepala desa se-Kabupaten Tapanuli Selatan, di Aula Sarasi, Lantai III, Kantor Bupati Tapsel di Sipirok, Senin (15/1).

Lanjut dijelaskan Dolly, tidak saja tugas pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) atau Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) akan tetapi kesuksesan penyelenggaraan Pemilu ini merupakan tanggung jawab kita semua.

Di katakan-nya Tahun 2024 momen politik yang sangat penting. Memilih Presiden dan Wakil Presiden RI, juga anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota serta Anggota DPD. Termasuk Pilkada serentak memilih Gubernur, Bupati, dan Wali Kota bersama wakilnya.

"Tentu dalam menghadapi pesta demokrasi 2024 ini kita semua memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing agar pelaksanaan Pemilu 2024 di Tapsel khususnya dan secara nasional berjalan sukses lancar, dan aman sesuai harapan kita semua," ujar Dolly.

Sementara itu, Kapolres Tapanuli Selatan AKBP Yasir Ahmadi, dalam paparannya menyatakan pihaknya secara tugas pokok dan fungsi siap untuk melakukan pengamanan Pemilu 2024 di wilayah hukumnya.

"Menyongsong Pemilu 2024 mari sama-sama kita menjaga Kamtibmas. Hindari perpecahan apalagi fitnah. Mari kita  jadikan keberagaman sebagai sesuatu kekuatan dalam menjaga persatuan dan kesatuan," tegas Yasir.

Yasir lanjut mengatakan, terkait indeks kerawanan Pemilu, Tapsel salah satu dari sekian wilayah kabupaten/kota di Sumatera Utara masuk wilayah kategori aman.

"Oleh karenanya, mari kita terus sama-sama menjaga menciptakan keamanan di Tapsel. Saya akan mendedikasikan diri saya untuk melakukan yang terbaik serta mendukung sepenuhnya program Pak Bupati untuk melanjutkan pembangunan yang lebih baik," tegas Kapolres.

Sedangkan, Ketua KPU Tapsel Zulhajji Siregar mengatakan, berharap partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 mendatang di Tapanuli Selatan dapat meningkat dibanding  Pemilu sebelumnya partisipasi pemilih di angka 79 persen.

Di akhir acara Bupati Tapsel Dolly Pasaribu memberikan penghargaan lomba kantor desa terbaik tingkat Kabupaten Tapsel kepada Desa Hapesong Baru (Kecamatan Batang Toru) sebagai juara 1, Desa Bandar Tarutung (Kecamatan Angkola Sangkunur) juara 2, dan Desa Sorimanaon (Kecamatan Angkola Muara Tais) juara 3.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024