Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Utara menyiagakan relawan desa tangguh bencana guna mendorong ketangguhan masyarakat dalam menghadapi bencana alam di wilayah ini.

Penata Penanggulangan Bencana Ahli Muda BPBD Sumatera Utara Dariyus M. Sinulingga, di Medan, Jumat mengatakan relawan desa tangguh bencana memfasilitasi masyarakat desa/kelurahan dalam penanggulangan saat sebelum dan sesudah bencana alam.

"Kita memberikan pelatihan, simulasi kepada kelompok masyarakat dalam penanggulangan bencana alam," ujarnya.

Ia mengatakan relawan desa ini juga memfasilitasi kajian risiko bencana alam dalam penanggulangan bencana sehingga relawan desa tangguh bencana memiliki pengetahuan tentang mengantisipasi bencana alam.

"BPBD Sumut memfasilitasi mereka dengan membuat kajian dokumen bagaimana menghadapi situasi bencana jika terjadi," kata dia.

Selain itu, kata dia, dalam memperkuat upaya mitigasi bencana, pihaknya juga memberikan edukasi kepada kelompok masyarakat antara lain melakukan simulasi ke sekolah-sekolah di wilayah ini.

"Kami juga sudah melakukan simulasi bencana alam ke sekolah-sekolah. Hal itu menjadi prioritas BPBD Sumut mengedukasi kelompok masyarakat usia sekolah," sebutnya.

Pemprov Sumut terus meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat untuk menghadapi bencana alam antara lain dengan menyosialisasikan delapan imbauan melalui melalui surat edaran kepala daerah.

Menurutnya, delapan imbauan tersebut guna memberi pemahaman kepada masyarakat agar mengantisipasi bilamana bencana alam terjadi di wilayah ini.

"Penjabat Gubernur Sumatera Utara sudah mengeluarkan surat edaran terkait peringatan dini potensi bencana hidrometeorologi di wilayah ini," ujarnya.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024