Sebanyak 256 lowongan pekerjaan disediakan di bursa kerja yang digelar Pemkot Medan, Sumatera Utara, dan tidak dilewatkan pencari kerja yang juga berasal dari Kota Binjai dan Kabupaten Deli Serdang.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan Illyan Chandra Simbolon di Medan, Rabu, mengatakan sebanyak 256 lowongan kerja itu terdiri atas 35 jabatan dari 12 perusahaan peserta bursa kerja .

"Jumlah tenaga kerja lelaki yang dicari dalam bursa kerja ini sebanyak 149 dan perempuan 107 orang," ujarnya dalam bursa kerja yang digelar di Kantor Camat Medan Baru.

Pelaksanaan bursa kerja tahun ini, lanjut dia, berbeda dengan tahun sebelumnya karena para pencari kerja mendapat pelayanan konsultasi dari pengantar kerja.

Para pengantar kerja ini merupakan staf fungsional Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan sebelum pencari kerja melakukan registrasi dan wawancara dengan pihak perusahaan.

"Konsultasi ini guna mencari, dan menemukan minat bakat pencari kerja disesuaikan dengan kebutuhan, baik jabatan maupun lowongan yang disediakan perusahaan," tuturnya.

Selain itu, bursa kerja untuk memberikan kesempatan bagi para pencari kerja, khususnya di wilayah Ibu kota Provinsi Sumatera Utara.

Data Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan mencatat tingkat pengangguran terbuka di Kota Medan pada Agustus 2022 turun menjadi 8,89 persen dari sebelumnya 10,81 persen pada Agustus 2021.

"Kami juga mempersilakan bagi warga di luar Kota Medan memanfaatkan bursa kerja ini. Seluruh pencari kerja diharuskan memiliki akun aplikasi Siduta Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan," papar Illyan.

Sulaiman, warga Kecamatan Medan Tembung yang lulusan SMA ini mengaku tidak mencari jabatan yang muluk-muluk, karena dirinya ingin melamar ke perusahaan membutuhkan petugas cleaning service dan office boy.

"Saya pernah bekerja pada suatu vendor, namun karena habis masa kontrak ya tidak bekerja lagi. Mengetahui ada bursa kerja ini dari media sosial, saya datang kemari," tutur dia.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024