Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI menargetkan penyaluran bantuan kemanusiaan untuk Palestina dapat mencapai Rp250 miliar, sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat di negara timur tengah tersebut.

Pernyataan tersebut disampaikan Ketua Baznas RI Noor Achmad dalam Laporan Bantuan Kemanusiaan Membasuh Luka Palestina bersama pimpinan Baznas RI dan para donatur di Gedung Serba Guna 1 Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Rabu.
"Terima kasih dan apresiasi kami sampaikan kepada mitra-mitra kami yang telah mempercayakan penyaluran bantuan untuk Palestina melalui Baznas RI. Dalam upaya ini, kami menargetkan penyaluran bantuan Rp250 miliar," kata Noor.

Noor menjelaskan bantuan kemanusiaan sebesar Rp250 miliar akan disalurkan dalam tiga tahap, yaitu tanggap darurat sebesar 30 persen, masa rehabilitasi sebesar 10 persen, dan masa rekonstruksi sebesar 60 persen.
 
Dalam penyalurannya, Baznas bekerja sama dengan berbagai lembaga terpercaya untuk penyaluran bantuan tersebut, seperti Kementerian Luar Negeri, Tentara Nasional Indonesia, KBRI Kairo Mesir, Mishr Al Kheir, Bayt Zakat wa Shadaqat, Egytian Red Crescent, serta Women's Center Al Thouri Silwan.
 
Noor merinci bantuan-bantuan yang dikirim dalam masa tanggap darurat meliputi permakanan, obat-obatan, alat kesehatan, perlengkapan musim dingin, air bersih, pakaian, hygient kit, serta family kit.
 
Sementara masa rehabilitasi meliputi bantuan aktivasi sumber air, dukungan psikologi kepada anak-anak dan korban disabilitas, serta pengobatan korban luka. Masa rekonstruksi meliputi perbaikan tempat ibadah, perbaikan fasilitas kesehatan/rumah sakit, dan perbaikan sekolah.
 
Menurutnya, bantuan yang dikirim Baznas RI untuk Palestina berasal dari masyarakat Indonesia yang terdiri atas Baznas  provinsi/kota/kabupaten, LAZ, UPZ, Majelis Ulama Indonesia, organisasi masyarakat, komunitas, mitra perusahaan, mitra platform digital, lembaga kemanusiaan, organisasi profesi, kampus, sekolah, dan komunitas lainnya.
 
"Langkah ini menjadi salah satu bukti nyata dari kebaikan hati masyarakat Indonesia dan kesungguhan Baznas dalam membawa bantuan kepada masyarakat Palestina yang membutuhkan. Semoga upaya ini membawa berkah dan harapan bagi saudara-saudara kita di sana," kata dia.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Baznas targetkan penyaluran bantuan untuk Palestina Rp250 miliar

Pewarta: Asep Firmansyah

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024