Tim Polres Asahan bersama pihak Pemkab Asahan menurunkan alat berat untuk  membersihkan saluran air mengantisipasi luapan air di Jalinsum KM 194-195, Desa Pulo Maria, Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Asahan.

Pembersih saluran air tersebut merupakan penyebab kemacatan yang baru - baru ini viral sehingga pembersihan harus dilakukan sebagai tindak lanjut guna mengantisipasi terjadinya kembali luapan air saat turun hujan yang menggenangi Jalur Lintas Sumatera di Kabupaten Asahan.

"Kegiatan ini melibatkan personel Satlantas Polres Asahan, Dishub Asahan, Dinas PU Kabupaten Asahan dan PPK 1.3," kata Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi, Rabu (10/01)

Kabid menjelaskan rencana dari PPK 1.3 akan membuat saluran khusus yang lebih permanen bertujuan agar air mengalir lebih cepat tersalurkan melalui saluran air yang telah diperbaiki.

Juru bicara Polda Sumut itu juga menerangkan kemacetan terjadi karena ada cekungan jalan yang tergenang luapan air akibat tingginya curah hujan. Kondisi itu mengakibatkan kenderaan tidak berani melintas.

"Diharapkan dengan pembersihan saluran air ini apabila hujan turun kondisi jalan di jalinsum Asahan tidak tergenang dan dapat dilalui kendaraan," ujar Hadi.

Sementara itu, Kepala Kadis PUPR Asahan, Agus Jaka Ginting menyebutkan pihaknya berupaya menyelesaikan persoalan kemacatan yang terjadi di Pulo Maria. Dengan penurunan alat berat untuk menormalisasi saluran air.

" Kita Pemkab Asahan hadir menyikapi persoalan tersebut. Apalagi hal ini menjadi perhatian khusus, " ujar Agus

Pewarta: Indra Sikumbang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024