Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara memfokuskan pengamanan lalu lintas pada jalur wisata yang berpotensi mengalami kepadatan kendaraan pada momen liburan tahun baru.

"Titik konsentrasi kami ada di jalur wisata menuju Berastagi, Kabupaten Karo dan menuju Danau Toba," ujar Direktur lalulintas Polda Sumatera Utara Komisaris Besar (Kombes) Polisi Muji Ediyanto di Medan, Senin.

Ia mengatakan, dua tempat ini merupakan favorit wisatawan lokal maupun luar daerah untuk dikunjungi pada liburan seperti tahun baru ini.

"Kami mencatat ada tujuh titik rawan kemacetan kepadatan lalu lintas menuju Berastagi, Kabupaten Karo," ucapnya.

Untuk itu, menurut Muji pihaknya telah menyiapkan personel maupun pos pelayanan agar memastikan warga yang liburan menjadi aman dan nyaman saat diperjalanan.

"Kami mengimbau kepada masyarakat yang berkendara di jalan terutama jalur wisata bersabar dan saling toleransi di jalan," ucapnya.

Dia menambahkan para pengemudi paling penting tidak menggunakan narkoba maupun mabuk saat di perjalanan karena sangat membahayakan diri sendiri maupun orang lain.

"Semua harus kita jaga di jalan agar tak ada kecelakaan lalu lintas yang menjadi sia-sia," tutur Muji.

Sementara itu, untuk jalur lintas Medan ke Berastagi, Kabupaten Karo Polda Sumut telah disiapkan tujuh pos pengaman dengan 122 personel.

Kemudian untuk jalur Medan ke Parapat, Danau Toba telah menyiapkan 24 pos dengan 285 personel. Selain itu untuk Medan ke Provinsi Riau ada 20 pos dengan 1.052 personel

Disamping itu, Polda Sumut juga menyiapkan alat berat di pos terpadu jika terjadinya bencana longsor di ruas jalan selama perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024