Guna meringankan beban masyarakat dalam mendapat harga bahan pokok, tim relawan Squad Ganjar menggelar pasar murah dan pertunjukan jaran kepang di Desa Pematang Seleng, Kecamatan Bilah Hulu, Kabupaten Labuhanbatu, Sumut, Senin (25/12). 
 
Ketua Relawan Squad Ganjar Labuhabatu Rifi Hamdani menyebut, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian pasangan Ganjar-Mahfud agar masyarakat terbantu dengan harga bahan pokok jauh lebih murah dari harga pasaran.
 
Apalagi berbagai harga bahan pokok akhir-akhir ini cenderung mengalami kenaikan, terutama menjelang perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. 
 
"Mas Ganjar itu orangnya sangat peduli dan peka persoalan rakyat, oleh karena itu harus ada upaya cepat mengatasi persoalan bahan pokok sembako yang semakin tinggi. Pasar murah ini menjadi salah satu alternatif," ucapnya.
 
Pihaknya mengaku dari seribuan paket bahan pokok yang telah disediakan oleh tim relawan Squad Ganjar, maka dalam waktu yang tidak terlalu lama semuanya habis terjual.
 
"Alhamdulillah masyarakat sangat antusias, karena dari sekitar seribuan paket yang kami sediakan habis terbeli oleh warga. Kita tadi mulai buka jam 10.00 Wib dan tutup pukul 16.00 Wib," kata Rifi.
 
Selain Pasar Murah, tim relawan Squad Ganjar Labuhanbatu juga menggelar jaran kepang akibat semakin minim hiburan tradisional masyarakat di lokasi yang sama mulai jam 13.00 Wib hingga berakhir pukul 17.00 Wib. 
 
"Ini sejalan dengan semangat Mas Ganjar yang peduli akan seni tradisional dan budaya. Pertunjukan jaran kepang merupakan harta warisan nenek moyang kita ini, semoga dapat membantu tetap eksis komunitas-komunitas seni budaya Jawa," ungkap Rifi Hamdani.
 
Rianto Hadinata, tokoh Jawa di Labuhanbatu menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini sangat membantu masyarakat setempat, sehingga harus terus dilanjutkan. 
 
"Apabila Pak Ganjar terpilih sebagai Presiden, mohon kiranya situs-situs budaya yang ada diperhatikan karena saat ini sudah mulai dilupakan," tuturnya. (Rilis) 
 
Mirna, warga Dusun N8, Desa Pematang Seleng, Labuhanbatu, menyebutkan saat pasar murah dibuka dirinya langsung datang membeli paket bahan pokok. 
 
"Saya menunggu-nunggu kesempatan seperti pasar murah ini, karena bagi kami emak-emak sangat membantu. Kalau bisa sering-sering lah membuat kegiatan semacam ini, dan kalau bisa bahan pokoknya lebih diperbanyak lagi," ungkapnya. (Rilis)
 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023