BPJamsostek (BPJS Ketenagakerjaan) menyosialisasikan "Aktivasi Pasar Kerja Keras Bebas Cemas" di Pasar Ucok Kodok Kota Padangsidimpuan.

"Aksi ini merupakan dukungan kita (BPJamsostek) yang dilakukan di pasar," kata Kepala BPJamsostek Cabang Padangsidimpuan Eris Aprianto, Kamis.

Selanjutnya ia menyatakan, aktivasi pasar untuk memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat, terutama pedagang atau pelaku ekonomi sektor informal mengenai manfaat program BPJS Ketenagakerjaan.

“Selain itu untuk meningkatkan Literasi masyarakat pekerja tentang jaminan sosial ketenagakerjaan khususnya pada pedagang pasar di pasar Ucok Kodok Padangsidimpuan,” sebutnya.

Adapun bentuk kegiatan aktivasi pasar yang dilakukan yaitu pendaftaran langsung dengan Iuran mulai dari 16.800 per bulan sampai mendapatkan kartu BPJS Ketenagakerjaan. Tambah, pemberian souvenir, kuis berupa hadiah voucher belanja senilai 100.000 rupiah. 

Di katakan, antusiasme dari para pekerja BPU seperti pedagang, penjual daging, penjual sayur dan lainnya datang ke booth BPJS Ketenagakerjaan untuk melakukan pendaftaran. 

"Bagi yang sudah mendaftar mendapat perlindungan paripurna BPJamsostek dari saat ini yaitu berupa perawatan sampai sembuh ketika terjadi kecelakaan kerja dan santunan kematian senilai Rp42 juta," kata Eris.

Menurut Eris, dengan mendaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, pekerja informal seperti pedagang pasar akan “Dagang Lebih Tenang”. Selain akan mendapatkan banyak manfaat, risiko pekerja saat bekerja akan lebih terjamin, karena memiliki jaminan kematian.

Eris lagi mengatakan, BPJS Ketenagakerjaan ingin memastikan seluruh pekerja Indonesia sejahtera, mereka dapat bekerja secara keras dan optimal risiko yang mungkin timbul dari pekerjaan dapat diminimalisir sedini mungkin.

“Harapannya kegiatan aktivasi pasar ini akan dilanjutkan pada tahun depan karena aktivasi pasar merupakan bentuk komitmen BPJS Ketenagakerjaan dalam memberikan perlindungan sosial kepada masyarakat khususnya pedagang dan pekerja informal lainnya," tandas Eris.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023