Penjabat Gubernur Sumatera Utara Hassanudin meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di wilayah setempat untuk meningkatkan kesiapsiagaan bencana menjelang Natal 2023 dan Tahun 2024.

"BPBD Sumut diharapkan untuk meningkatkan kesiapsiagaannya dalam penanggulangan bencana," ujar Hassanudin, di Medan, Senin.

Menurut dia, kesiapsigaan BPBD Sumut harus ditingkatkan, karena sangat dibutuhkan untuk mengantisipasi atau meminimalkan hal yang tidak dinginkan jika terjadi terjadi bencana.

"Kepada masing-masing pegawai dan personel tetap menjaga kesehatan, kita tidak tau kapan bencana datang. Karena tenaga BPBD sangat dibutuhkan, jika terjadi bencana," kata Hassanudin.

Selain itu, Ia juga meminta seluruh pemerintah kabupaten/kota di wilayah ini untuk memperkuat langkah-langkah mitigasi bencana dalam guna menghadapi puncak musim hujan yang diperkirakan terjadi pada Desember 2023.
 


"Hal ini perlu dilakukan untuk mengurangi risiko dan dampak bencana, termasuk kematian, korban luka ataupun kerugian material benda," sebutnya.

Sementara itu, BPBD Sumut mengeluarkan delapan imbauan bagi masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagan dalam menghadapi bencana alam.

"Kami telah menyiapkan delapan poin untuk menghadapi potensi kejadian bencana hidrometeorologi di wilayah ini," " ujar Kepala Bidang Penanganan Darurat, Peralatan dan Logistik BPBD Sumut, Sri Wahyuni Pancasilawati.

Ia menjelaskan delapan imbauan tersebut guna memberi pemahaman kepada masyarakat agar mengantisipasi bilamana bencana alam terjadi di wilayah ini.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023