Wali Kota Medan Bobby Nasution menyatakan, Bus Trans Metro Deli harus memberikan pelayanan eksekutif ke warga di ibu kota Provinsi Sumatera Utara itu sebagai pengguna angkutan massal di daerah ini.
 
"Saya baca-baca respon masyarakat di media sosial ada yang bilang dulu bagus, dulu bis eksekutif, sekarang bis ugal-ugalan," kata Bobby di Medan, Sabtu, menanggapi tewasnya seorang warga Kota Medan diduga ditabrak bus Trans Metro Deli.
 
Pihaknya ingin menyampaikan hal tersebut ke seluruh pengemudi bus Trans Metro Deli yang mengoperasikan 72 unit melayani lima koridor di ibu kota Provinsi Sumatera Utara.
 
Kelima koridor itu, yakni Pinang Baris - Lapangan Merdeka, Amplas - Lapangan Merdeka, Belawan - Lapangan Merdeka, Medan Tuntungan - Lapangan Merdeka dan Tembung - Lapangan Merdeka.
 
Wali kota menegaskan bahwa pihaknya akan menertibkan pengemudi bus Trans Metro Deli yang merupakan angkutan Bus Rapid Transit (BRT) di Kota Medan yang kini dikenal masyarakat ugal-ugalan di jalan raya.
 
"Bagi bus yang ugal-ugalan ini, yang coba kami tertibkan. Tentunya mohon maaf, kalau masalah lakalantas (kecelakaan lalu lintas) kita serahkan ke kepolisian," katanya tegas.
 
 
Wali kota juga menyebutkan, Pemkot Medan berkomitmen menjaga ketertiban pengendara, terutama kendaraan umum yang digunakan oleh warga setempat.
 
"Nanti kami diskusikan sama Pak Kadis (Dishub Kota Medan, red). Yang pasti sopir itu tanggungjawabnya nyawa, baik nyawa di dalam bus maupun nyawa sesama pengguna jalan," ucap Bobby.
 
Seorang wanita bernama Melia Annisa (23), dilaporkan tewas diduga tergilas bus Trans Metro Deli di depan kantor Pos, Jalan Yos Sudarso, Km.17,5, Kelurahan Pekan Labuhan, Medan Labuhan, Medan, Kamis (14/12).
 
Bus Trans Metro Deli dikendarai oleh Budiman diduga ugal-ugalan dan menabrak pengendara sepeda motor Andi (23), yang berboncengan dengan Amelia Annisa merupakan warga Kelurahan Belawan I, Medan Belawan.
 
"Iya, tadi ada kecelakaan pengendara wanita meninggal dunia. Kecelakaannya dengan bus Trans Metro Deli," ungkap Kanit Lantas Polsek Medan Labuhan AKP Hidayat Hasibuan.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023