Wali Kota Medan Bobby Nasution berharap renovasi Stadion Teladan Medan apat selesai dalam satu tahun sehingga dapat digunakan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024.

"Semoga sesuai rencana satu tahun jadi bisa digunakan untuk PON. Itu keinginan kami. Mudah-mudahan bisa terkejar pengerjaannya," kata Wali Kota Medan Bobby Nasution di Medan, Kamis.

Jika renovasi Stadion Teladan Medan nanti rampung dikerjakan, ia menyebutkan siapa saja bisa memakai stadion tersebut, bukan hanya untuk olahraga (sepak bola), namun juga bisa digunakan untuk kegiatan konser musik maupun kegiatan sosial lainnya.

Terkait penggunaannya, Pemkot Medan sudah membuat aturannya dan sudah dibahas bersama DPRD Kota Medan yang kemudian ditetapkan menjadi peraturan daerah.

Semuanya untuk berbagai kegiatan boleh. Namun ada standar-standarnya. Jangan sampai merusak atau menghilangkan fungsi utama stadion nya. Misalnya konser musik boleh saja, tapi jangan sampai merusak rumput. Itu semua ada aturannya," katanya.

Sementara terkait pihak yang akan mengelola Stadion Teladan tersebut nantinya, ia menyebutkan hal tersebut masih dibicarakan lebih lanjut. Apakah langsung dikelola Dispora Medan atau memakai jasa pihak ketiga.

"Memang masih banyak opsi, ini akan dibicarakan terus agar jangan hanya bisa membangun, tetapi juga mampu menjaga dan merawat Stadion Teladan itu ke depan," katanya.

Sebelumnya Kadispora Medan Pulungan Harahap mengatakan Stadion Teladan usai renovasi nantinya tidak lagi sekadar sesuai standar untuk menggelar Liga 1 yang merupakan kasta tertinggi persepakbolaan di Tanah Air.

"Stadion Teladan akan berstandar Asia. Dengan demikian jika Indonesia menjadi tuan rumah SEA Games atau Asian Games, Stadion Teladan akan dapat dipergunakan," ungkapnya.

Stadion Teladan nantinya juga akan dilengkapi dengan basement untuk tempat parkir. Di bagian depan stadion juga akan dilengkapi dengan museum olahraga. Di museum itu nantinya masyarakat dapat melihat foto-foto atlet-atlet berprestasi yang pernah mengharumkan nama Kota Medan maupun Sumatera Utara di kancah nasional hingga internasional.

Renovasi yang dilakukan juga meliputi taman di depan stadion dan nantinya menyatu dalam satu areal. "Bahkan, memasuki kawasan VIP Stadion Teladan nanti melalui taman itu," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023