Ekonom dari Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) Gunawan Benjamin yakin Perum Bulog Kanwil Sumut sudah mewaspadai naiknya harga komoditas pangan khususnya beras di wilayahnya pada masa libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Kewaspadaan itu perlu karena kalau lalai daya beli masyarakat berpotensi terpukul," ujar Gunawan di Medan, Minggu.

Gunawan menyatakan, komoditas pangan yang paling berpengaruh terhadap daya beli adalah beras sebagai sumber makanan utama orang Indonesia termasuk Sumut.

Karena ketergantungan yang tinggi terhadap beras, dia menambahkan, masyarakat pasti akan mengutamakan untuk membeli beras sebelum memenuhi keperluan libur akhir tahun mereka.

Oleh sebab itu, jika harga beras melonjak tinggi pada periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Gunawan menyebut masyarakat lebih fokus membeli komoditas tersebut dan mengurangi pengeluaran untuk yang lain.

"Ketika masyarakat sulit mengakses beras karena harganya mahal, maka otomatis mereka akan mengurangi belanja demi dapat membeli beras," kata Gunawan.


Meski demikian, pria yang juga Ketua Tim Pemantau Harga Pangan Sumut itu yakin konsumsi beras tidak akan meningkat drastis selama periode libur Natal 2023-Tahun Baru 2024.

Menurut dia, lonjakan signifikan saat liburan berpotensi terlihat di komoditas lain seperti daging ayam, telur ayam, ikan dan tanaman hortikultura seperti cabai merah.

"Andai harga komoditas-komoditas itu melonjak, kemampuan masyarakat untuk menjangkau beras akan semakin tertinggal," tutur Gunawan.

Perum Bulog Kanwil Sumut memberlakukan beberapa kebijakan untuk memperbanyak stok komoditas pangan terutama beras demi mengendalikan harga selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Bulog Sumut memperbanyak stok beras, tetap mendistribusikan beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP), menyalurkan beras secara komersial ke penggilingan dan distributor serta memberikan bantuan pangan kepada keluarga penerima manfaat (KPM).

Kemudian, Bulog Sumut juga aktif dalam pelaksanaan pasar murah di berbagai wilayah Sumatera Utara, bekerja sama dengan pemerintah daerah.

Pewarta: Michael Siahaan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023