Pengurus Provinsi Hapkido Indonesia (HI) Sumatera Utara memasang target dua medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Sumut-Aceh.

Demi mewujudkan target tersebut, Hapkido Sumut menyiapkan sebanyak 13 atlet dan kini menjalani Pelatda secara intensif.

"Kami memiliki target dua medali emas pada PON 2024 dari 16 emas yang akan diperebutkan. Kami optimistis mampu memenuhi target itu, mengingat kekuatan Hapkido di Tanah Air saat ini cukup merata," kata Ketua Pengprov HI Sumut Tulus Pardamean Sipahutar di Medan, Kamis.

Ia mengatakan, saat ini ada 13 atlet yang sudah masuk Pelatda persiapan menghadapi PON. Namun jumlah itu dinilai masih kurang karena cabang olahraga Hapkido akan mempertandingkan 16 nomor di PON nanti.

"Untuk mengikuti semua nomor di PON nanti, kami harus memiliki 19 atlet karena ada nomor berpasangan. Namun, kami hanya meminta penambahan empat atlet lagi. Mudah-mudahan bisa dikabulkan KONI Sumut," ujarnya.

Atlet Hapkido Sumut berlatih di Jalan Talaud dengan status sewa. Selain itu, mereka masih menggunakan peralatan yang masih milik pribadi.

"Kami juga berharap agar Pemerintah Provinsi Sumatera Utara memberikan peralatan, sehingga latihan berjalan lancar. Di antaranya adalah matras, pelindung kepala, body protector, sarung tangan, hingga peralatan seperti pedang dan tongkat. Semua masih kami sewa, belum ada milik Pengprov Hapkido Sumut," katanya.

Sementara itu Pelatih Hapkido Sumut Weng Lie optimistis bisa mencapai target tersebut. Pada Pekan Olahraga Bela Diri Nasional atau IMAG 2023 lalu, atlet Sumut mampu meraih dua medali perak, meski saat itu Hapkido Sumut berangkat tanpa kekuatan penuh.

"Dengan latihan keras didukung fasilitas memadai, kami optimistis bisa meraih target tersebut. Kami berharap agar Pemprov Sumut bisa segara merealisasikan bantuan peralatan tersebut," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023