Atlet angkat berat Sumatera Utara yang dipersiapkan untuk menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Sumut-Aceh membutuhkan peralatan baru sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan demi meraih hasil maksimal di ajang olahraga multievent empat tahunan di Indonesia itu.

Pelatih angkat berat PON Sumut, Nicky Kardova di Medan, Jumat, mengatakan, saat ini peralatan dan perlengkapan latihan jauh dari kata maksimal, namun, pihaknya tetap memaksimalkan alat dan perlengkapan yang ada demi menunjang prestasi atlet di PON mendatang.

"Sarana latihan seperti besi stik bar, platform latihan. Kalau seandainya besi banyak, atlet bisa dibagi ke beberapa tempat latihannya. Harapan kita bisa dikasih sarana dan prasarana supaya peralatan lebih baik," katanya.

Bahkan, diakui Nicky saat ini perlengkapan pakaian latihan jauh dari kata layak. Disamping usia pemakaian sudah lebih dari 5 tahun. Pihaknya pun masih menanti komitmen pemerintah yang bakal mengadakan bantuan perlengkapan atlet.

"Kostum atlet kita ini usianya sudah 5 - 8 tahun. Kita sudah ajukan ke Dispora, tapi dalam proses katanya. Dengan adanya baju dan pakaian baru bisa menjadi semangat mereka. Untuk tali pinggang aja sudah 3 tahun rusak. Gantian lagi mereka memakainya," katanya.

Dari hasil latihan saat ini, Nicky mengapresiasi perkembangan atlet yang signifikan, bahkan Nicky optimistis dengan persaingan saat ini, bukan tidak mungkin 3 emas bisa direbut pada PON.

"Ada beberapa kelas yang persaingan ketat, seperti dari Jawa Barat, Lampung, Kalimantan Timur, dan Riau. Semua kelas memang beda persaingan. Di Lampung itu tradisi juaranya luar biasa. Tapi, kita punya atlet muda yang baru muncul. Mudah - mudahan capai target," katanya.

Saat ini ada 13 lifter yang dipersiapkan Perkumpulan Angkat Berat Seluruh Indonesia (PABERSI) Sumut untuk menghadapi PON. Saat ini mereka menjalani Pelatda di Goncalwes Gym.

Sementara lifter putri, Angel, yang akan turun di kelas 47 kilogram menyebutkan ia bersama atlet lain harus secara bergantian untuk bisa mendapat giliran latihan angkatan beban dengan keterbatasan alat dan perlengkapan.

"Untuk program latihan tidak ada masalah, semua berjalan baik. Termasuk suplay suplemen dari KONI sudah baik. Memang, masalah perlengkapan tali pinggang ini yang terbatas sehingga kami harus giliran. Durasi latihan jadinya lama dan keburu badan gak panas lagi," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023