Balai Latihan Kerja Komunitas ( BLKK) Pondok Pesantren ( Ponpes) Ruhul Islam Desa Sialambue, Kecamatan Barumun, Kabupaten Padang Lawas ( Palas) menggelar kegiatan pelatihan pembuatan pakaian busana wanita gelombang ke - III, tahun 2023.

Kegiatan pelatihan pembuatan pakain busana khusus bagi para kaum wanita ini, dibuka langsung oleh KTU Kemenag Palas Ahmad Saidi Hasibuan MH di BLLK Ponpes setempat, Rabu ( 15/11) siang.

Dalam kutipan sambutannya, Ahmad Saidi mendukung penuh pelaksanaan kegiatan pelatihan pembuatan busana wanita yang digelar BLKK Ponpes Ruhul Islam untuk ke tiga kalinya sejak pada tahun 2022 lalu itu.

Kegiatan pelatihan seperti itu, sambungnya, sebagai bentuk dukungan penuh BLKK Ponpes setempat untuk kemajuan pengembangan SDM masyarakat. Yang nantinya diharapkan, bagi para peserta dapat mandiri dan bisa membuka usaha masing - masing pasca mengikuti pelaksanaan kegiatan pelatihan pembuatan busana wanita yang diperkirakan selama 24 hari itu. Dan hasil prodak masing - masing peserta nantinya juga bisa bersaing untuk dipasarkan kepada masyarakat luas di Palas.

,"Selamat mengikuti pelatihan ini. Belajarlah dengan serius, hingga nanti saudariku semua bisa menjadi penjahit handal, dan pelaku usaha penjual pakain wanita yang sukses dan berkembang di Kabupaten Padang Lawas ini, amin,"ucap Saidi mendoakan.

Dikesempatan yang sama, Ketua BSPPL ( Bandan Silaturrahim Pesantren Padang Lawas ) H. Pauzan Hamidy Hasibuan mengapresiasi pelaksanaan kegiatan pelatihan pembuatan busana wanita untuk yang ke tiga kalinya digelar BLKK Ponpes Ruhul Islam bagi masyarakat luas itu.

Kegiatan pelatihan untuk yang ke tiga kali itu, menurutnya, sebuah prestasi BLKK Ponpes Ruhul Islam yang patut di tauladani oleh seluruh pengelola BLKK yang ada di Palas. Hingga nantinya bisa terus menjalin kerjasama dengan Kemenaker RI, melalui Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Sumatera Utara untuk peningkatan SDM masyarakat luas di Palas. 

Sebelumnya, Pimpinan Ponpes Ruhul Islam Desa Sialambue Misbah Fuadi Hasibuan mengucapkan selamat datang dan terimakasih kepada seluruh peserta dan tamu undangan atas kehadiran mereka diacara pembukaan pelatihan pembuatan busana wanita tersebut. Disampaikannya, ke 16 orang perempuan peserta kegiatan pelatihan itu, adalah hasil seleksi saat tahapan penerimaan yang digelar pihaknya, melalui panitia beberapa waktu lalu.

,"Kegiatan pelaihan ini gratis, dan akan digelar selama 24 hari kedepan. Dengan bimbingan para instruktur dari para saudara saudari kita di BLKK Ponpes Ruhul Islam ini,"terang Misbah.

Pembukaan kegiatan pelatihan pembuatan busana wanita BLKK Ponpes Ruhul Islam, Desa Sialambue ini, turut dihadiri Kabid Pelatihan Kerja dan Produktifitas Tenaga Kerja Disnaker Palas Muhammad Idrisman Mandefa, dan sejumlah tamu undangan lainnya.
 

Pewarta: Mhd. Ashari Hasibuan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023