PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara terus menggenjot persiapan kelistrikan di seluruh arena Aqubike World Championship 2023 di Danau Toba, Sumatera Utara, 22-26 November 2023.

"Nantinya setelah persiapan kelistrikan telah rampung, PLN akan melakukan uji coba skema pengamanan kelistrikan berlapis yang telah dipersiapkan," kata General Manajer PLN UID Sumut Awaluddin Hafid dalam keterangan di Medan, Minggu.

Pihaknya telah mempersiapkan skema pengamanan kelistrikan secara berlapis selama pergelaran Aquabike World Championship.

"Insyaallah simulasi pengamanan kelistrikan di venue (arena) diuji coba pada tanggal 19 November 2023," ucapnya.

Selain peningkatan keandalan kelistrikan, PLN juga mempersiapkan uninterruptible power supply (UPS) sepuluh unit, unit gardu bergerak (UGB) lima unit, dan genset sembilan unit.

Ia menyebut progres persiapan kelistrikan menjelang Aquabike World Championship berjalan dengan baik.

Jika seluruh persiapan telah rampung, PLN melakukan uji coba pengamanan berlapis agar pergelaran tersebut berjalan dengan lancar dan sukses.
 

"Tidak hanya mempersiapkan keandalan pasokan listrik. PLN juga telah mempersiapkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang terletak di seputaran objek wisata Danau Toba (Balige, Pangururan, dan Parapat). Nantinya, pengguna kendaraan listrik yang ingin melihat langsung Aquabike World Championship dapat melakukan pengisian baterai kendaraannya di SPKLU yang telah disediakan," kata dia.

Untuk memastikan persiapan tersebut, Senior Manajer Distribusi PLN UID Sumut Khairul Lingga memimpin langsung rapat pembahasan progres pekerjaan persiapan kelistrikan bersama PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bukit Barisan dan PLN UP3 Sibolga.

Ia mengatakan progres pembangunan infrastruktur kelistrikan guna mendukung Aquabike World Championship masih terus dilakukan.

Ia menyampaikan PLN akan menjaga pasokan kelistrikan di seluruh lokasi mulai dari arena perlombaan, hotel, penginapan, bandar udara, serta rumah sakit rujukan.

"Saat ini progres pembangunan infrastruktur kelistrikan menjelang Aquabike World Championship telah mencapai 67 persen. Seluruh persiapan kelistrikan ditargetkan akan rampung pada tanggal 17 November 2023," kata dia.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023