Pemerintah Kota Medan, Sumatera Utara, mendorong Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) mewujudkan cita-cita Medan menjadi kota yang berkah, maju, dan kondusif.

"Kalau kita bekerja secara masing-masing tanpa kolaborasi, nantinya apa yang kita cita-citakan tidak bisa tercapai dengan baik," kata Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman saat membuka seminar dan pelantikan pengurus serta Raker Korpri Kota Medan 2023 di Medan, Selasa.

Wiriya yang juga menjabat Ketua Dewan Pengurus Korpri Kota Medan mengatakan kolaborasi menjadi kata kunci mewujudkan cita-cita Medan menjadi kota berkah, maju dan kondusif.

Selain itu, membangkitkan peran Korpri bukan hanya sebatas aparatur sipil negara (ASN) yang menjalankan program kerja sehari-hari.

Tapi Korpri Kota Medan menjadi garda terdepan mendorong maupun meningkatkan kualitas pembangunan daerah melalui integritas dimiliki para anggota Korpri yang tangguh.

Dengan demikian keberadaan Korpri sebagai wadah himpunan pegawai dapat melahirkan kebermanfaatan yang tidak hanya internal, tetapi juga masyarakat secara luas.

 


"Untuk itu perlu rasanya kita merumuskan, mempersiapkan dan melakukan kegiatan - kegiatan bermanfaat guna menumbuhkan rasa kebersamaan kita sesama anggota Korpri," katanya.

Pihaknya menyebut sebagai anggota Korpri kota Medan dituntut untuk bisa menciptakan ekosistem kerja sebagai ASN berorientasi kepada kinerja, prestasi dan inovasi.

"Kita juga dituntut untuk melek teknologi, sebab banyak sudah aplikasi yang dibangun Pemkot Medan dengan mengandalkan teknologi yang terbaru," jelas sekda.

Menurutnya ada lima kriteria penting yang perlu diketahui anggota Korpri, yakni profesionalisme, integritas, berorientasi publik, budaya melayani, dan berwawasan global.

Kelima kriteria tersebut penting bagi ASN di lingkungan Pemkot Medan karena tidak lepas dari perubahan teknologi, termasuk melepaskan hubungan internasional.

"Oleh karena itu, wawasan global harus dimiliki. Sebab peningkatan kapasitas sangat perlu. Artinya kelangsungan baik atau tidaknya menjalankan roda pemerintahan tergantung kualitas anggota Korpri," tutur Wiriya.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023