Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara terus mengadakan "goes to school dan "goes to campus" terkait persoalan tahapan pemilihan umum kepada pemuda di wilayah ini.

"Pelaksanaan "goes to school dan "goes to campus" akan diadakan pada bulan November 2023," ujar anggota KPU Sumut, Robby Effendi, di Medan, Selasa.

Robby mengatakan sosialisasi tahapan pemilu kepada pemuda tersebut mengingat jumlah pemilih pemula di Sumut cukup mendominasi pada Pemilu 2024.

"Jumlah pemilih dari generasi tersebut cukup signifikan, lebih dari 50 persen pemilih pada Pemilu 2024 berasal dari kalangan usia 17 hingga 45 tahun," kata Robby.

Selain itu, pihaknya juga terus berupaya melakukan sosialisasi tahapan pemilu kepada masyarakat luas dengan berbagai kegiatan yang telah dijadwalkan.

"Sebelumnya, kita telah melakukan pencapaian kinerja triwulan I,II,III, antara lain sosialisasi Kirab Pemilu 2024 yang dilaksanakan di tujuh kabupaten kota, sosialisasi gerakan cerdas memilih dan yang lainnya," sebutnya.
 

Untuk selanjutnya, kata dia, KPU Sumut saat ini sedang melakukan proses penyusunan daftar calon tetap (DCT) yang akan diumumkan pada bulan November 2023.

"Untuk divisi teknis tanggal 3 November, penetapan DCT, kemudian kalau di SDM, beberapa persiapan untuk menyongsong kampanye 28 November. Selanjutnya juga akan ada konsentrasi perekrutan badan adhoc (kpps)," sebutnya.

Sebelumnya, KPU Sumut menetapkan 1.543 daftar calon sementara (DCS) anggota DPRD Sumut dari 18 partai politik yang terdiri dari 999 laki-laki dan 544 perempuan.

"Daftar pemilih tetap (DPT) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sebanyak 10.853.940, yang terdiri dari terdiri atas 5.360.844 laki-laki dan 5.493.096 perempuan," katanya.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023