PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Medan memperluas penggunaan aplikasi Pelni Mobile dengan berpromosi dalam acara "Roadshow Bus KPK" di Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU), Medan.

"Ini merupakan bagian dari digitalisasi penjualan tiket Pelni Medan," ujar Pramuloket PT Pelni Medan Nurhasanah di Medan, Sabtu.

Ia mengatakan bahwa upaya menggalakkan penggunaan Pelni Mobile bagian dari program PT Pelni (Persero) yang tengah menggencarkan digitalisasi.

Dengan memanfaatkan aplikasi, dia menyebut, masyarakat lebih mudah dalam mendapatkan pelayanan dari Pelni.

Demi menarik minat masyarakat untuk memakai Pelni Mobile, Pelni Medan memberikan cenderamata kepada setiap pengunjung yang mengunduh aplikasi tersebut di stan mereka.

"Kami memberikan tumbler dan minuman ringan," kata dia.

Dia mengatakan upaya tersebut membawa hasil positif karena rata-rata sekitar 80 orang yang mengunduh aplikasi Pelni Mobile di PRSU.

"Roadshow Bus KPK" dengan tema "Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi" hadir di Kota Medan, Sumatera Utara untuk menyebarkan paham antikorupsi.

 


Di PRSU, kegiatan yang berlangsung pada 26-28 Oktober 2023 tersebut, disertai dengan pameran UMKM dan stan pameran berbagai dinas di Provinsi Sumatera Utara.

PT Pelni (Persero) terus menggalakkan pembelian tiket secara daring, terutama melalui aplikasi Pelni Mobile.

Untuk itu, Pelni memberlakukan alih fungsi layanan loket khusus di Kantor Cabang Jakarta, Surabaya, dan Makassar per 1 November 2023 sehingga pelanggan tidak dapat membeli tiket secara manual di tiga lokasi tersebut.

Kepala Cabang PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Medan Biwa Abi Laksana mengatakan sekitar 50 persen pembelian tiket kapal di wilayahnya sudah dilakukan secara daring melalui aplikasi Pelni Mobile.

Pada periode Januari-September 2023, total 101.744 penumpang PT Pelni yang berangkat dari Pelabuhan Belawan, Medan.

Pewarta: Michael Siahaan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023