Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Tarutung, Ismet Sitorus menegaskan, peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 2023 mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah gotong royong seluruh elemen pemuda yang berhasil menebar semangat jiwa patriotisme sekaligus menyatukan visi kebangsaan dalam Sumpah Pemuda 1928 yang melahirkan sebuah komitmen kebangsaan.

"Peringatan sumpah pemuda mengingatkan kita akan semangat patriotisme seluruh pemuda yang menyatukan visi kebangsaan dalam Sumpah Pemuda 1928," ujar Ismet di Tarutung, Sabtu (28/10).

Disebutkan, saat itulah sebuah komitmen kebangsaan diikrarkan, yakni bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.

"Oleh karena itu, setiap pemuda perlu mempunyai visi, misi dan peran strategis untuk 30 tahun mendatang agar pembangunan dapat berlari lebih cepat," sebutnya.

Dia juga mengutip isi amanat Menteri Pemuda Olahraga dalam peringatan kali ini yang menyebutkan bahwa Pemerintahan Republik Indonesia telah membuka luas partisipasi pemuda-pemudi generasi muda Indonesia hari ini telah seiring sejalan mewujudkan harapan masa depan Indonesia bersama-sama.

Dikatakan, penguasaan oleh pemuda terhadap teknologi dan informasi serta liiterasi digital menjadi sesuatu yang harus diseriusi.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023