Wali Kota Medan Bobby Nasution menyetujui usulan nama pendiri organisasi Islam Al Jam'iyatul Washliyah Syekh H Muhammad Arsyad Thalib Lubis sebagai salah satu nama jalan di daerah ini.

"Pemilihan nama ini bukan sembarangan, karena beliau merupakan seorang pahlawan kemerdekaan kita," ungkap Bobby di Medan, Sumut, Ahad.

Kehadiran Syekh H Muhammad Arsyad Thalib Lubis, kata dia, telah memberikan efek sangat luar biasa bagi peradaban muslim di Indonesia khususnya di Sumatera Utara.

Dengan dijadikannya nama pendiri Al Jam'iyatul Washliyah menjadi nama jalan di Kota Medan, dapat menjadi kado istimewa Pemkot Medan kepada pengurus organisasi Islam terbesar di Sumatera Utara ini.

"Apalagi pada 30 November nanti Al Jam'iyatul Washliyah akan berulang tahun ke-93. Mudah-mudahan ini jadi kado istimewa bagi keluarga besar Al Jam'iyatul Washliyah," paparnya.

Wali kota juga mengapresiasi kepada seluruh pengurus maupun keluarga besar Al Jam'iyatul Washliyah yang telah mendukung program pembangunan dilakukan oleh Pemkot Medan.


Pihaknya menyadari bahwa pembangunan yang dilakukan di wilayah Kota Medan saat ini akan memakan waktu yang lama, selain dikerjakan secara serentak.

Hal ini terpaksa harus dilakukan mengingat masa jabatan Bobby Nasution sebagai Wali Kota Medan bersama Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman hanya sampai akhir 2024.

"Kami yakin di akhir 2024, seluruh pekerjaan ini bisa selesai dan membawa kebaikan bagi warga Kota Medan," ujar Bobby dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 Hijriah bersama pengurus Al Jam'iyatul Washliyah Kota Medan di Masjid Lama.

Ketua PD Al Jam'iyatul Washliyah Kota Medan Abdul Hafiz Harahap mengaku dipilihnya Masjid Lama sebagai tempat peringatan maulid nabi karena memiliki sejarah berdirinya Al Jam'iyatul Washliyah.

Dikatakannya, tidak jauh dari Masjid Lama ada Maktab Islamiyah Tapanuli Medan merupakan tempat pelajar dipimpin Abdurrahman Syihab yang membentuk "Debating Club", dan akhirnya menjadi Al Jam'iyatul Washliyah pada 30 November 1930.

"Kami berharap bapak Wali Kota Medan dapat menjadikan Masjid Lama, Gang Bengkok yang telah ditetapkan cagar budaya menjadi ikon Islami di Kota Medan," katanya.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023