Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Tarutung melakukan skrining chest x-ray bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Utara dan Team Tirta Medical Centre guna meningkatkan kualitas layanan kesehatan warga binaan.

"Skrining chest x-ray (mobile rontgen) bagi warga binaan dilaksanakan oleh Tim Tirta Medical Centre selaku pihak penyedia jasa yang telah ditetapkan dari pusat, juga kegiatan dilanjutkan dengan pemeriksaan tes cepat molekular yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Utara," ungkap Humas Rutan Tarutung, Muhammad Nurdin Tanjung, Sabtu (7/10).

Disebutkan, dalam kegiatan pemeriksaan, petugas kesehatan Rutan Tarutung Feronika Sinaga juga menjelaskan bahwa sebelumnya pihaknya juga telah melaksanakan skrining gejala TBC kepada warga binaan dalam mempersiapkan pelaksanaan skrining massal TBC dengan intervensi rontgen dada.

Dalam sambutannya Kepala Rutan Kelas IIB Tarutung, Ismet Sitorus, berharap agar pelaksanaan "active case finding" TBC dengan "chest x-ray" dapat mengoptimalkan angka penemuan kasus TBC secara aktif serta masif di Rutan Kelas IIB Tarutung yang berisiko tinggi pada penularan bagi warga binaan. 

Ismet Sitorus juga mengucapkan terimakasih kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Utara dan Tim Tirta Medical Centre yang telah membantu dalam meningkatkan kualitas layanan kesehatan bagi warga binaan Rutan Tarutung.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023