Wali Kota Bobby Nasution menyebut Duta Generasi Berencana (GenRe) Kota Medan,  Sumatera Utara menjadi jembatan bagi remaja, terutama mengedukasi bahayanya penyalahgunaan narkoba di daerah ini.

"Provinsi Sumut merupakan peringkat pertama tertinggi penyalahgunaan narkoba di Indonesia," ucap Bobby di Medan, Jumat.

Sedangkan Kota Medan, lanjut dia, merupakan penyumbang tertinggi pertama penyalahgunaan narkoba di Provinsi Sumatera Utara.

Wali kota menyatakan tentunya hal ini menjadi permasalahan serius yang harus diselesaikan, bukan hanya oleh penegak hukum, tapi seluruh lapisan masyarakat Kota Medan.

"Kita sebagai remaja juga harus bisa ikut dalam memberantas penyalahgunaan dan pengedar narkoba di Kota Medan," ungkap Bobby yang juga selaku Ayah GenRe Kota Medan.

Dengan demikian generasi muda nantinya, bisa menjadi generasi emas maupun calon-calon pemimpin masa depan bangsa yang berkualitas untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045.


Guna mewujudkan Indonesia Emas di 2045, jelas Bobby, salah satu cara harus dilakukan dengan menjadikan generasi muda unggul sejak dini dan harus dimulai dari sekarang.

"Indonesia sudah kehilangan tiga kali kesempatan menjadi negara maju, dan di 2045 ini kesempatan keempat menjadi negara maju. Mari kita siapkan sumber daya manusia untuk mewujudkan hal itu," katanya.

Wali kota mengatakan Pemkot Medan juga harus berperan mewujudkan hal tersebut dengan mempersiapkan pembangunan fisik, infrastruktur dan sumber daya manusia dari sekarang.

Wali Kota Medan Bobby Nasution menghadiri Grand Final Pemilihan Duta GenRe Kota Medan 2023, dan menyematkan selempang kepada Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu yang dinobatkan sebagai Bunda GenRe Kota Medan.

Di puncak acara, Wali Kota Medan menyematkan selempang kepada pasangan pemenang sebagai Duta GenRe Kota Medan 2023 berikut menyerahkan beragam hadiah.

"Duta GenRe harus berperan mengajarkan hal positif, dan memberi motivasi bagi remaja kurang beruntung. Kami berharap Duta GenRe menjadi penggerak bagi remaja mewujudkan Indonesia Emas 2045," papar Bobby.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023