Wali Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara, Bobby Nasution menyebut perpustakaan merupakan salah satu "wajah" pemerintah kota terutama dalam aspek pendidikan.

"Pelayanan perpustakaan salah satu mukanya Pemkot Medan," ujar Wali Kota Medan diwakili Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman saat melantik Laksamana Putra Siregar menjadi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan, Senin(25/9) seperti keterangan, Selasa.

Minat baca maupun tingkat kunjungan warga Kota Medan ke perpustakaan masih tinggi, dan meminta kepada pejabat yang dilantik segera membenahi perpustakaan.

Laksamana Putra Siregar sebelumnya tercatat menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Medan terhitung sejak 2 Januari 2023.

"Tolong, benahi perpustakaan dan buat senyaman mungkin," tuturnya.

Wiriya juga menyampaikan Pemkot Medan berharap adanya rotasi ini, pemangku jabatan yang mendapat amanah semakin termotivasi memaksimalkan kinerja melayani masyarakat.
 



"Kita adalah pelayan masyarakat, dan ini harus tertanam dalam benak kita. Hadir untuk melayani, bukan dilayani," tegas dia.

Pihaknya mengatakan hal pertama yang harus dilakukan pejabat yang baru dilantik segera menyesuaikan diri, siap menghadapi segala tuntutan, dan meningkatkan pencapaian target.

Dengan demikian para pegawai di lingkungan kerja, khususnya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan mampu meneladani dan menilai sikap baik pimpinannya.

"Tingkatkan kejujuran, tanggung jawab, dan kerja keras. Hal ini menjadi kewajiban yang harus segera diimplementasikan, bukan hanya sebatas ucapan atau konsep belaka," jelas dia.

Integritas yang tinggi, lanjutnya, akan selaras dengan meningkatnya kompetensi dalam diri, serta menanamkan integritas dan kompetensi dibutuhkan usaha serta komitmen.

"Penting untuk saudara ketahui, bahwa saudara harus membangun jiwa kepemimpinan yang kuat dan tidak mudah terprovokasi. Ini akan menentukan keberhasilan roda organisasi," tegas Sekda Wiriya.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023