Plt Bupati Padang Lawas ( Palas) drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu ( AZP) meresmikan secara simbolis satu unit bangunan rumah layak huni yang dibangun melalui program dana bantuan bedah rumah tidak layak huni menjadi layak huni dari BAZNAS (Badang Amil Zakat Nasional) Kabupaten Padang Lawas, bekerjasama dengan BAZNAS Sumut dan Pemkab Palas, di Desa Pasar Ujung Batu, Kecamatan Sosa, Senin (25/9) siang.

Mengawali sambutan, AZP menyampaikan ucapan apresiasinya kepada pengurus dan anggota BAZNAS Palas yang telah memprogramkam bantuan rumah layak huni dan bedah rumah bagi lima keluarga kurang mampu ( keluarga miskin) di Kabupten Padang Lawas, tahun 2023 ini.

Di kesempatan ini, ia juga menyampaikan ucapan selamat kepada para penerima manfaat program bantuan rumah layak huni dari BAZNAS Palas itu. Termasuk kepada Farida Hasibuan, penerima manfaat program batuan bedah rumah, dan rumahnya telah diresmikan secara simbolis pada acara tersebut.

,"Kepada penerima manfaat bapak ibu semua, manfaatkanlah rumah masing - masing untuk tempat tinggal, mengasuh anak, dan berlindung dari cuaca panas maupun hujan,"kata APZ.
 

,"Tempati dan sinarilah rumah masing - masing dengan bacaan AL - Qur'an setiap saat ada waktu, hingga nantinya bapak - bapak dan ibu - ibu yang notabenenya ASN Pemkab Palas mempercayakan zakat gaji mereka di potong untuk program bantuan ini, melalui BAZNAS Palas betul - betul bermanfaat,"sambung AZP berpesan kepada para keluarga penerima manfaat bantuan bedah rumah itu.

Sebelumnya, Katua BAZNAS Palas H. Paraduan Tanjung dalam kutipan laporannya menyebutkan untuk tahun 2023 ini pihaknya menyalurkan program bantuan rumah layak huni untuk lima keluarga warga kurang mampu di Palas senilai sekitar Rp 140 juta. Dana bantuan itu, bersumber dari zakat kaum muslimin dan muslimat ( masyarakat luas) termasuk zakat para ASN Pemkab Palas di tahun anggaran 2022, dan bantuan dukungan dana dari BAZNAS Sumut.

Adapun data kepala keluarga kurang mampu penerima manfaat bantuan rumah layak huni dan bedah rumah tahun ini, antara lain, Pangondian Hasibuan, warga Desa Sibual - buali, Kecamatan Ulu Barumun. Balya Mutsanny Daulay, warga Desa Paringgonan, Kecamatan Ulu Barumun. Halomoan Daulay, warga Desa Hasahatan Julu, Kecamatan Barumun Baru. Karmenel Daulay, warga Desa Batang Tanggal Baru, Kecamatan Lubuk Barumun, dan Farida Hasibuan, warga Desa Pasar Ujung Batu, Kecamatan Sosa.

,"Lima dari penerima program bantuan ini, empat kategori rumah tidak layak huni, satu orang sama sekali belum ada rumah, ibu Farida ini memiliki tiga orang anak, profesi penjual jajanan anak - anak penghasilan sekitar Rp 1,2 juta perbulan, betul - betul warga miskin,"terang Ketua BAZNAS Palas.(*)
 

Pewarta: Mhd. Ashari Hasibuan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023