Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara Baskami Ginting mengatakan Jalan Lolowua - Dola, Kecamatan Hiliserangkai, Kabupaten Nias Selatan, yang menghubungkan Nias Barat butuh perbaikan.

"Jalan Lolowua- Dola ini menjadi jalan utama penghubung Kabupaten Nias Barat dengan bandara dan pelabuhan di Gunung Sitoli, Nias Selatan. Jalan ini putus, maka dampaknya sangat besar bagi kehidupan masyarakat," ujar Baskami di Medan, Kamis.

Ia mengatakan ruas jalan sepanjang 2,5 kilometer ini menjadi langganan bencana longsor yang mengakibatka terputusnya jalur transportasi antara Kabupaten Nias Barat dengan Gunung Sitoli.

"Untuk itu, menurut kami Pemerintah Provinsi Sumatera Utara harus memberi atensi perbaikan jalan tersebut," tuturnya.
 

Baskami mengatakan Jalan Lolowua- Dola tersebut termasuk proyek peningkatan infrastruktur provinsi yang ditopang anggaran multiyears contract (MYC dan perbaikan pascalongsor dapat diakomodir pada APBD provinsi.

Sementara itu, Bupati Nias Ya'atulo Gulo menyampaikan permohonannya kepada Pemprov Sumut untuk segera melakukan perbaikan jalan tersebut.

"Pascalongsor pada November 2022, kami sudah menyurati pemprov agar dibantu untuk pembenahan dan rekonstruksi. Kami mohon kepada dewan dapat mendorong Pemprov Sumut memperbaiki jalan tersebut," ucapnya.

Ya'atulo mengatakan Jalan Lolowua- Dola sangat penting karena merupakan jalur utama ke Nias Barat guna melancarkan akses menunjang kesejahteraan masyarakat.


 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023