Direktur Lalu Lintas Polda Sumatera Utara Kombes Pol Muji Ediyanto, SH, SIK menegaskan membuat surat izin mengemudi (SIM) di Polres jajaran tidak ada dipersulit. Prosesnya dipermudah, setelah selama ini dianggap masyarakat tesnya tidak masuk akal.

"Tidak ada yang sulit bagi masyarakat untuk mendapatkan SIM. Karena itu, pemohon disarankan mengurus sendiri tanpa menggunakan jasa 'calo'," tegas Muji usai inspeksi mendadak di Satpas Polresta Delisedang, Senin (18/9).

Muji menjelaskan mekanisme dalam pembuatan SIM, terdapat beberapa aspek yang harus dilewati, seperti ujian teori dan praktik. Begitupun, masih tidak terlalu sulit.

"Saya tadi meninjau Satpas Polresta Deliserdang mulai dari tempat pendaftaran, foto, ruangan ujian teori dan praktik pelayanan sudah sangat baik. Di mana bagi pemohon dalam proses bikin SIM A, C serta B1 dipandu personel. Bila warga yang telah lulus melawati beberapa aspek langsung dicetak SIM," jelas mantan Dirlantas Polda Aceh itu.

Sementara bagi pemohon yang tidak lulus baik ujian teori maupun praktik tak harus mengulang sampai minggu depan. Namun, bisa pada hari itu juga mencoba lagi dengan sebelumnya diberikan pengarahan oleh personel.
"Instruksi bapak Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo layanan pembuatan SIM dipermudah. Menindaklanjuti hal tersebut, Kapolda Sumut menginstruksikan agar jangan sampai proses pembuatan terkesan mempersulit masyarakat. Karena itu, kita memberikan pelayanan yang prima kepada warga untuk mendapatkan SIM," terangnya.

Selain itu, sebut lulusan Akademi Kepolisian Tahun 1995 itu, ujian praktik SIM diperbarui. Kini lintasan angka 8 dan zig-zag resmi diganti.

"Perubahan lintasan menjadi sebuah sirkuit yang mengakomodir empat materi ujian praktik dengan ukuran yang sudah diperlebar dan tanpa materi zig-zag test atau slalom test. Diperbaruinya perlintasan juga termasuk masyarakat mempermudah saat ujian praktik SIM," sebutnya.

Muji menambahkan, meskipun pelayanan Satpas Polresta Deliserdang sudah sangat baik, namun tetap harus ditingkatkan lagi.

"Pemohon jangan ragu bikin SIM di Polresta Deliserdang. Karena, setiap ruangan Satpas personel senantiasa memberikan pengarahan dalam proses pembuatan nya," pungkasnya.

Pewarta: Rahmat Hidayat

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023