Masjid Agung Syahrun Nur Tapanuli Selatan (Tapsel) yang berlokasi di sekitaran perkantoran pemerintah kabupaten tersebut kini dilengkapi fasilitas titik baca online.

Pantauan ANTARA, Sabtu (16/9), titik baca online itu ditempatkan di teras luar masjid persisnya di pojok dinding dekat pintu masuk masjid.

Titik itu beri nama "Keta Baca online" disingkat "KETABO" (Baca:Ayo membaca online) yang diinisiasi Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan.

Kadis Perpustakaan dan Arsip Tapsel Sahrir Siregar mengatakan, terwujudnya titik baca online itu berkat dorongan Bupati Dolly P.Pasaribu di tengah derasnya arus digitalisasi.

"Selain itu untuk merangsang mengajak sekaligus meningkatkan minat baca (literasi) masyarakat luas termasuk para pengunjung Masjid Agung Syahrun Nur," katanya.

Dikatakan, penggunaannya "KETABO" gampang. Cukup scan QR Code melalui Android masing-masing ratusan judul buku untuk menambah ilmu pengetahuan anda sudah bisa dibaca.

Ia mengatakan hingga saat ini baru ada tiga titik baca online. Selain di Masjid Agung Syahrun Nur, ada juga di area Kantor Bupati Tapsel dan Perpustakaan Prof Lafran Pane di Sipirok.

"Kita juga berencana menambah titik 'KETABO' di lokasi-lokasi strategis. Seperti di area objek-objek wisata. Karena hal ini sejalan visi misi mewujudkan Tapsel yang cerdas, samping sehat dan sejahtera," ujarnya.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023