Satlantas Polres Sibolga, Sumatera Utara mulai uji coba penerapan tilang elektronik (electronic traffic law enforcement/ETLE) kepada para pelanggar aturan lalu lintas di jalan raya daerah itu. 

Kapolres Sibolga AKBP Taryono Raharja, usai memimpin langsung uji coba ETLE di Sibolga, Selasa, berharap ETLE mampu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas dan menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas) di Kota Sibolga.

Pada kesempatan uji coba itu, personel Satlantas Polres Sibolga merekam para pelanggar di jalan raya dengan menggunakan telepon pintar (smartphone).

"Penerapan Etle di Kota Sibolga akan 'launching' dalam waktu dekat ini," kata Taryono.

Sementara, Plt Kasat Lantas Polres Sibolga Iptu Pennedi Sihotang, memberikan pengarahan dan materi kepada para personel yang bertugas di lapangan.

"Kemudian petugas di kantor (back office) bertugas memverifikasi pelanggaran, serta petugas penegak hukum yang akan menerima konfirmasi dari pelanggar," kata Penedi.
Sebelumnya, personel Satlantas Polres Sibolga menilang puluhan pelanggar saat Ops Zebra Toba 2023 di Jalan R. Suprapto Simpang Jalan Tongkol, Kelurahan Pancuran Gerobak, Kecamatan Sibolga Kota, Kota Sibolga, Sumatera Utara.

Kegiatan Ops Zebra Toba 2023, selain melakukan penindakan kepada pelanggar juga melakukan pembagian 30 stiker, 38 selebaran kepada pengendara roda dua dan roda empat baik angkutan umum maupun barang.

"Pihaknya juga melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat untuk tetap mengutamakan keselamatan di jalan raya dan senantiasa mentaati peraturan berlalu lintas agar kamseltibcarlantas dapat terwujud," kata Plt Kasat Lantas Iptu Pennedi Sihotang, dalam keterangan, Jumat (8/9).

Ia menyebutkan petugas juga membagikan stiker dan Info Ops Zebra Toba 2023 kepada masyarakat pengendara sekaligus menyisipkan himbauan kamseltibcarlantas untuk menciptakan keamanan dan keselamatan berlalu lintas di jalan raya.

"Beberapa pengendara yang melanggar seperti tidak memakai helm, langsung diberikan tindakan langsung oleh petugas di lokasi. Petugas mengeluarkan 19 tilang kepada masyarakat yang terjaring Ops Zebra Toba 2023, dengan perincian lima tilang manual dan 14 tilang teguran," ucapnya.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023