Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) Kota Medan, Sumatera Utara, ingin mewujudkan Medan sebagai kota yang sehat bagi warganya.

Kepala Brida Kota Medan Mansyur Syah di Medan, Sumut, Jumat, mengatakan untuk menciptakan kota sehat harus berkaitan dengan kesehatan jiwa warga yang hidup di wilayah Kota Medan. 

Namun, ia menyebut untuk mendapat kesehatan jiwa yang paripurna merupakan hal sulit, karena hingga kini di tengah warga Kota Medan masih ada kasus kriminalitas maupun berbagai kasus lainnya, sehingga mengakibatkan kondisi kesehatan jiwa warga sedikit banyak akan terganggu.

"Jika kita tidak memulai dari sekarang, maka akan sulit untuk menggapai impian menghadirkan kota sehat di kota Medan," katanya. 

Menurutnya tugas Pemkot Medan saat ini mencari akar permasalahan, lalu bersama-sama berupaya mencari solusi terbaik yang bisa diterapkan.

Pihaknya menyakini bisa membuat program pembangunan akurat sesuai data penelitian komprehensif di segala bidang kehidupan untuk perencanaan yang baik.

Brida Kota Medan telah melakukan penelitian selama tiga bulan dari Juni sampai Agustus 2023 dan akan menggelar seminar yang hasilnya bakal menjadi rekomendasi Wali Kota Medan Bobby Nasution mewujudkan kota sehat.

"Kita yakin akan mampu menghadirkan kota sehat yang mendukung Medan menjadi kota yang berkah, maju dan kondusif," tutur Mansyur.

Kabid Sosial dan Kependudukan Brida Kota Medan Supriyono melaporkan pihaknya juga telah melakukan penelitian selama tiga bulan untuk mewujudkan kota sehat di Kota Medan. 

"Tujuan penelitian ini diseminarkan nantinya untuk menjadi rekomendasi Pemkot Medan mewujudkan Kota Medan sebagai kota sehat," tutur dia.
 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023