Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mendukung pembangunan alun-alun Kota Padang Sidempuan yang diharapkan menambah ruang publik di daerah itu.

"Kita harapkan ini dimanfaatkan sebaik-baiknya, menjadi tempat bertemunya masyarakat kita, menjadi ruang publik yang sehat," ujar Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi saat meletakkan batu pertama pembangunan alun-alun Kota Padang Sidempuan, di Padang Sidempuan, Rabu.

Edy Rahmayadi mengatakan pembangunan alun-alun tersebut juga diharapkan mendorong perekonomian masyarakat sekitar.

"Sebagai ruang publik, alun-alun juga akan mendorong perekonomian masyarakat, akan tumbuh di sekitarnya yang menjual jajanan, makanan, minuman dan lainnya, itu harapan kita," katanya.

Ia menjelaskan pembangunan alun-alun ini menggunakan APBD Pemprov Sumut senilai Rp4,69 miliar. Pengerjaannya akan dilakukan selama 150 hari atau sekitar lima bulan.
"Alun-alun Kota Padang Sidempuan ini di Jalan Teuku Umar, Kota Padang Sidempuan. Lokasi ini bekas Rumah Sakit Mata dan tepat berada di tengah kota," sebutnya.

Sementara itu, Walikota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas bantuan pembangunan alun-alun tersebut serta kehadiran langsung Gubernur Edy Rahmayadi untuk peletakan batu pertama pembangunannya.

Irsan Efendi mengatakan alun-alun ini nantinya akan dihibahkan kepada Pemkot Padangsidimpuan setelah selesai dibangun.

"Kita akan maksimalkan penggunaannya, menggairahkan kegiatan-kegiatan masyarakat, mudah-mudahan selesai tempat waktu, sesuai target," kata Irsan Efendi.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023