Universitas Sumatera Utara (USU) Medan menjadi kampus keenam yang disambangi program Fordigi Goes to Campus.

Sivitas akademika termasuk mahasiswa didorong melakukan inovasi yang mampu melahirkan produk-produk yang dibutuhkan masyarakat.

Kegiatan Fordigi Goes to Campus City Chapter VI-Medan mengangkat tema ‘The future of digital mortgage’.

Hybrid seminar diselenggarakan dalam bentuk diskusi panel dengan beberapa narasumber yang terdiri atas pejabat Kementerian BUMN, Direktur Perusahaan BUMN dan IT Expert untuk berdiskusi terkait transformasi digital serta tantangan, peluang, dan lesson learned dari transformasi digital dapat dikupas secara lebih mendalam, multi-perspektif, dan kontekstual untuk memberikan pemahaman yang holistic akan digitalisasi, transformasi digital, serta pemanfaatan kekayaan ekosistem bisnis digital.

Tuntutan digitalisasi perbankan diperkuat oleh berbagai faktor pendorong pengembangan digital bank di Indonesia, mengingat Indonesia merupakan perekonomian yang berpotensi besar untuk menyerap arus digitalisasi.

Faktor pendorong tersebut tercermin dalam tiga aspek utama yaitu peluang digital, perilaku digital dan transaksi digital.
Peluang digital antara lain meliputi potensi demografis, potensi ekonomi dan keuangan digital, potensi penetrasi penggunaan internet, serta potensi peningkatan konsumen. Perilaku digital di antaranya meliputi kepemilikan gawai dan penggunaan aplikasi mobile (mobile apps). Transaksi digital meliputi transaksi perdagangan online (e-commerce), transaksi digital banking, dan transaksi uang elektronik

“Implementasi transformasi digital di Indonesia hendaknya tidak dipandang sebagai sebuah ‘trend’ belaka, melainkan, selayaknya transformasi digital dapat dipandang sebagai suatu peluang bagi masyarakat Indonesia untuk dapat mengembangkan competitive advantage-nya di kancah global, khususnya pada Era Free Market,” kata Munadi Herlambang, Wakil Ketua Bidang IV Fordigi BUMN dalam keterangan tertulis yang diterima di Medan, Selasa (29/8).

Ketersediaan talenta digital yang berkualitas diharapkan dapat menjadi modal utama untuk menjawab tantangan, disrupsi, dan kesenjangan teknologi dalam menyikapi perkembangan lanskap teknologi yang dinamis.

“Melalui rangkaian kegiatan Fordigi Goes to Campus ini, Kementerian BUMN mengimbau partisipasi aktif dari rekan-rekan khususnya para mahasiswa, untuk mampu mengoptimalisasi pemanfaatan fasilitas digital dalam upaya menghadirkan pembaharuan bagi lingkungan di sekitar dalam rangka memberikan solusi berbasis teknologi atas permasalahan sosial yang dihadapi lingkungan / daerahnya masing masing,” ujar Munadi.

Pewarta: Rel

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023