Atlet pelatnas bulu tangkis Indonesia Yohannes Saut Marcelyno mengaku optimistis dan siap menghadapi kejuaraan bulu tangkis internasional bertajuk Xpora Indonesia International Challenge 2023, 19 Agustus hingga 3 September 2023 di GOR PBSI Sumatera Utara, Medan.

"Tidak sabar rasanya bermain di Medan, saya siap memberikan permainan yang maksimal karena secara persiapan juga sudah cukup baik," kata Yohannes Saut Marcelyno di Medan, Senin.

Ia mengaku persiapan yang dilakukan selama ini sudah sangat maksimal. Latihan fisik, mental dan skill juga terus digeber di bawah bimbingan tim pelatih.

"Persiapan sudah dilakukan sejak tiga bulan lalu. Fisik dan mental semuanya sudah siap. Kami mohon doa dan dukungan dari warga Medan untuk datang dan menyaksikan kami berlaga," katanya.

Atlet pelatnas lainnya Tasya Farahnailah juga mengaku sudah benar-benar siap menghadapi kejuaraan bulu tangkis internasional bertajuk Xpora Indonesia International Challenge 2023 tersebut.

Turnamen internasional pertama yang ia ikuti di Medan tersebut dinilai sangat penting untuk menaikkan peringkat. 

"Fisik dan mental sudah jauh-jauh hari di siapkan di pelatnas dan semoga dapat diterapkan di sini. Senang rasanya bisa bertanding di tanah kelahiran. Semoga ini menjadi motivasi saya bertambah untuk menampilkan yang terbaik," kata dara kelahiran Kota Medan tersebut.

Sebanyak 308 pebulu tangkis dari 19 negara bersaing menjadi yang terbaik pada kejuaraan bulutangkis Xpora Indonesia International Challenge 2023.

Ke-308 pebulu tangkis tersebut selain dari Indonesia, berasal dari sejumlah negara, di antaranya Australia, Austria, Bulgaria, Kanada, Inggris, Perancis, Jerman, Hong Kong, India, Malaysia, Myanmar, Selandia Baru, Filipina, Polandia, Singapura, Sri Lanka, Thailand, Amerika Serikat.

Indonesia sendiri banyak mengandalkan pemain-pemain muda di ajang ini, di antaranya Alwi Farhan, Yohanes Saut Marcelyno, Komang Ayu Cahya Dewi, Tasya Farahnailah, Muh Putra Erwiansyah/Patra Harapan Rindorindo, hingga Zaidan Arrafi Nabawi/Felisha Alberta Nathaniel Pasaribu. 

Pemain-pemain senior yang dipastikan ikut ambil bagian seperti Tommy Sugiarto, Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani dan juara Indonesia International Challenge tahun lalu, Anggia Shitta Awanda/Putri Larasati. 

"Saya atas nama PBSI Sumatera Utara kami mengucapkan terima kasih kepada PP PBSI yang telah mempercayai Medan sebagai tuan rumah turnamen internasional. Kami akan coba memberikan yang terbaik untuk kenyamanan semua peserta," kata Ketua PBSI Sumut Suripno Ngadimin.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023