Pelatih Basket Pekan Olahraga Nasional Provinsi Sumatera Utara Donald Marpaung mengatakan Piala Dunia FIBA 2023 yang diselenggarakan di Indonesia dapat menjadi motivasi bagi atlet bola basket di wilayah ini.

"Dengan adanya Piala Dunia Basket di Indonesia memotivasi pemain agar meningkatkan permainannya," ujar Donald Marpaung, di Medan, Senin.

Selain itu, Donald mengatakan dengan ditunjuknya Indonesia menjadi tuan rumah ajang basket dunia tersebut merupakan sebuah kepercayaan yang tentu membanggakan bagi bangsa Indonesia.

"Meskipun Indonesia tidak turut serta, tentu ini kesempatan yang sangat baik bagi masyarakat dan dunia basket di Tanah Air, agar menyaksikan langsung dari dekat para pemain basket dan pertandingan kelas dunia," kata Donald.

Untuk itu, pria yang pernah bermain untuk klub Angsapura Sania ini berharap indonesia ke depannya dapat tampil pada ajang bola basket dunia tersebut.

"Mudah-mudahan pada Piala Dunia ke depan Indonesia bisa masuk," sebutnya.
Sebanyak 32 negara bertanding di FIBA Basketball World Cup yang berlangsung di Indonesia, Jepang, dan Filipina.

Jakarta sebagai tuan rumah akan memanggungkan laga babak penyisihan di dua grup yakni Grup G yang terdiri dari Spanyol, Iran, Pantai Gading, dan Brazil serta laga di Grup H yang berisikan Kanada, Latvia, Lebanon, dan Prancis.

Sebelumnya, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meyakini dengan diselenggarakannya Piala Dunia FIBA 2023 di Indonesia bisa memacu peningkatan kualitas tim nasional basket Indonesia

Hal itu disampaikan Kepala Negara saat menyampaikan kata sambutan melalui rekaman video yang ditayangkan dalam acara pembukaan FIBA Basketball World Cup 2023 di Indonesia Arena Gelora Bung Karno Jakarta, Jumat.

"Ini akan memacu peningkatan kualitas tim nasional bola basket Indonesia ke depan,” kata Presiden Joko Widodo

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023