Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menyatakan, pihaknya menyambut baik kebijakan pemerintah yang menaikkan gaji aparatur sipil negara (ASN) sesuai usulan dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau RAPBN 2024.

"Kita bersyukurlah naik, dari pada menurun," ujar Edy Rahmayadi, usai acara pemulangan Paskibraka dalam rangka memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan RI, di Provinsi Sumatera Utara, di Medan, Jumat.

Pada Rapat Paripurna DPR RI, Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa pemerintah akan menaikkan gaji ASN pusat dan daerah sebesar delapan persen seperti yang ada di RAPBN 2024.

"ASN naik delapan persen, pensiunan 12 persen, sekitar beberapa ratusan ribu naik," kata Edy Rahmayadi.

Ia berharap dengan kenaikan gaji ASN tersebut, juga meningkatkan kinerja serta mengakselerasi transformasi perekonomian dan pembangunan nasional.

"Dengan kenaikan gaji ASN, kita berharap kinerja ASN di lingkungan Pemprov Sumut semakin lebih baik lagi," sebutnya.



Sebelumnya, Wali Kota Medan Bobby Nasution menegaskan pemerintah kota segera menindaklanjuti kenaikan gaji aparatur sipil negara (ASN) di daerah ini.

"Akan kita selaraskan," ucap Bobby usai menjadi inspektur upacara peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 tahun di Lapangan Benteng Medan, Sumatera Utara, Kamis.

Wali kota menyebut Presiden RI Joko Widodo telah menyampaikan dalam RAPBN 2024 mengusulkan kenaikan gaji sebesar delapan persen bagi ASN pusat dan daerah/TNI/Polri.

Kemudian kenaikan bagi pensiunan sebesar 12 persen, dan diharapkan akan meningkatkan kinerja serta mengakselerasi transformasi perekonomian dan pembangunan nasional.

"Dengan kenaikan gaji ASN, kita minta juga kinerja ASN di lingkungan Pemkot Medan semakin meningkat," kata Bobby.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023