Wali Kota Medan Bobby Nasution menegaskan pemerintah kota segera menindaklanjuti kenaikan gaji aparatur sipil negara (ASN) di daerah ini.

"Akan kita selaraskan," ucap Bobby usai menjadi inspektur upacara peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 tahun di Lapangan Benteng Medan, Sumatera Utara, Kamis.

Wali kota menyebut Presiden RI Joko Widodo telah menyampaikan dalam RAPBN 2024 mengusulkan kenaikan gaji sebesar delapan persen bagi ASN pusat dan daerah/TNI/Polri.

Kemudian kenaikan bagi pensiunan sebesar 12 persen, dan diharapkan akan meningkatkan kinerja serta mengakselerasi transformasi perekonomian dan pembangunan nasional.

Data Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Medan menyebut jumlah ASN pada 51 perangkat daerah di lingkungan Pemkot Medan sebanyak 14.030 orang.

Di antaranya 11.192 orang berstatus ASN, dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) yang berjumlah 2.848 orang.


"Dengan kenaikan gaji ASN, kita minta juga kinerja ASN di lingkungan Pemkot Medan semakin meningkat," ungkap Bobby.

Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Medan Gusmiyadi mengaku peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 tahun berharap generasi bangsa harus bekerja keras.

Kalau kami dan para pendahulu berjuang pakai senjata dalam berperang, sementara penerus bangsa harus belajar dan bekerja keras. Saya minta jangan lupakan semangat juang para pendahulu," ujarnya.

Menurutnya ada empat poin semangat juang para pahlawan, seperti percaya pada kekuatan diri sendiri karena pejuang terdahulu merebut kemerdekaan tanpa bantuan dari negara lain.

Yang kedua pantang menyerah karena para pejuang berkorban sampai berdarah-darah melawan penjajah, ketiga rela berkorban jiwa raga dan harta benda merebut kemerdekaan.

"Keempat lebih utamakan kepentingan umum dari pada kepentingan pribadi atau golongan. Ini yang harus diingat oleh para generasi penerus bangsa," tutur Gusmiyadi.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023