Bupati Samosir Vandiko Gultom menyambut baik pembukaan rute penerbangan langsung dari Bandar Udara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, ke Chennai, India, dan Bali karena berpotensi menaikkan jumlah kedatangan turis ke wilayahnya.

"Kami berharap hal itu dapat meningkatkan kedatangan wisatawan, termasuk yang berasal dari India, ke Samosir," ujar Vandiko kepada ANTARA di Kantor DPRD Kabupaten Samosir, Pangururan, Samosir, Rabu.

Pria berusia 31 tahun itu melanjutkan, penerbangan langsung tersebut membuat para pelancong lebih mudah mengakses destinasi pariwisata di Sumut khususnya Samosir.

Vandiko berharap hal tersebut dapat terwujud karena kabupatennya menggantungkan pendapatan dari sektor pariwisata.

Kabupaten Samosir sendiri merupakan kabupaten yang berada di Pulau Samosir, pulau di tengah Danau Toba.
"Semakin banyak turis yang datang, semakin banyak pendapatan daerah kami dari sektor wisata," kata dia.

Maskapai penerbangan swasta nasional Batik Air, bagian dari Lion Air Group, membuka rute penerbangan langsung dari Bandar Udara Internasional Kualanamu, Sumatera Utara ke Chennai, India, dan Bali, pulang-pergi mulai 11 Agustus 2023.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia Sandiaga Uno juga menyambut baik langkah maskapai tersebut.

Melalui keterangan tertulis, Sandiaga menilai keputusan itu berkontribusi terhadap peningkatan devisa Indonesia dari sektor pariwisata serta menciptakan lebih banyak peluang lapangan pekerjaan baru.

"Wisatawan mancanegara India yang tiba di Kualanamu dapat menjelajahi dan menikmati Danau Toba di Sumatera Utara yang merupakan salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas. Ada juga Kampung Madras di Medan yang merupakan tempat tinggal keturunan India Tamil. Ini seperti 'Little India' di India," ujar Sandiaga.
 

Pewarta: Michael Siahaan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023