Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan, cuaca di sebagian wilayah Sumatera Utara pada hari ulang tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia, 17 Agustus 2023, Kamis, diprakirakan hujan.

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Christin Afrin Matondang di Medan, Rabu, mengatakan, Kamis (17/8) pagi cuaca berawan banyak dan berpotensi hujan ringan ringga sedang di sebagian besar wilayah Sumatera Utara.

Siang dan sore hari berpotensi hujan ringan hingga sedang wilayah Sumatera Utara. Hujan lebat berpotensi terjadi di wilayah Samosir, Toba, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Mandailing Natal, Padang Lawas,, Kepulauan Nias, Deliserdang, Simalungun, dan sekitarnya.

Malam hari berpotensi hujan ringan hingga hujan petir di wilayah Sumatera Utara. Hujan lebat dan hujan petir berpotensi terjadi di wilayah Langkat, Nias, Deliserdang, Simalungun, Toba, Samosir,Tapanuli Utara, Padan Lawas Utara dan sekitarnya.

Dini hari berawan dan berpotensi hujan ringan hingga sedang wilayah Sumatera Utara terutama di wilayah Kepulauan Nias, Tapanuli Selatan, Deliserdang, Samosir, Langkat, Mandailing Natal dan sekitarnya.

Atas kondisi tersebut masyarakat diimbau agar waspada terhadap potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir yang dapat menyebabkan banjir, longsor, genangan air, dan bencana hidrometeorologis lainnya.

Sementara suhu udara rata-rata 14.0-31.0 Derajat Celcius, kelembapan udara : 65 – 98 persen dan angin berhembus dari Tenggara - Barat Daya dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Sebagian wilayah Sumatera Utara hujan pada HUT -78 RI

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023