Ketua Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Provinsi Sumatera Utara Nawal Lubis mengatakan membaca dan belajar sepanjang hayat akan membantu pembentukan karakter Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan berkualitas.

"Saya selaku Ketua GPMB Sumut mengajak semua kalangan harus mendukung adanya kehadiran gerakan literasi untuk mendorong minat baca masyarakat terkhusus generasi muda, agar SDM kita lebih baik lagi," ujar Nawal Lubis saat memberikan sambutan pada penutupan Gebyar Literasi di Halaman Kantor Dinas Perpustakaan Sumut, di Medan, Minggu.

Nawal Lubis mengapresiasi kegiatan Gebyar Literasi yang digagas oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumut dan berharap ke depannya bisa lebih ditingkatkan, sehingga dapat terus menumbuhkan budaya literasi di Sumut.

"Melihat kehadiran dan partisipasi masyarakat yang hadir saya optimistis kegiatan ini dapat menggugah semangat para peserta didik maupun masyarakat untuk meningkatan literasi mereka," katanya.

Nawal Lubis berharap ke depan kegiatan ini dapat dilanjutkan sehingga peserta didik dan masyarakat mendapat ruang untuk berekspresi dan mengembangkan kemampuannya.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada peserta dan selamat atas prestasi yang diraih. Kepada yang belum berhasil jangan patah semangat, ayo terus belajar dan mengasah lagi kemampuan anak-anakku semua," sebutnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumut Dwi Endah Purwanti mengatakan, Gebyar Literasi ini dilaksanakan untuk memberi ruang bagi para pelajar, mahasiswa, dan masyarakat untuk menyalurkan kemampuan berliterasi melalui lomba-lomba untuk meningkatkan minat baca.

"Sekaligus mempromosikan keberadaan Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumut kepada masyarakat," ujar Dwi

Dwi menjelaskan ini juga diluncurkan program kerja sama Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumut dengan salah satu perusahaan ojek online melalui aplikasi Srikandi yang terintegrasi dengan aplikasi melalui fitur jasa pengantar online.

“Di penutupan hari ini kita launching aplikasi Srikandi, kita beri kemudahan bagi masyarakat Sumut yang memiliki keanggotaan Perpustakaan Daerah Sumut untuk peminjaman buku melalui aplikasi Srikandi, semakin praktis dan ekonomis," jelas Dwi.

Ia berharap melalui program ini dapat mendorong minat baca yang semakin meningkat dan berkualitas di Sumut

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023