Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Padangsidimpuan bekerjasama dengan Satgas Bakti Kesehatan Bermartabat (BKB) Provinsi Sumatera Utara menggelar Bakti Sosial Kesehatan berupa operasi bibir sumbing, sunatan massal, dan pengobatan gratis di UPTD. Puskesmas Sadabuan, Senin (7/8).

Saat membuka secara resmi kegiatan tersebut, Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Sumatera Utara Bapak Edy Rahmayadi atas program Satgas BKB Provinsi Sumatera Utara yang telah berpartisipasi dan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Padangsidimpuan mengadakan program Bakti kesehatan bermartabat dan memberikan pelayanan kesehatan gratis di Kota Padangsidimpuan.

"Melalui progam satgas BKB Provsu ini masyarakat kota Padangsidimpuan dapat pelayanan kesehatan gratis," ucapnya.

Saya berharap seluruh masyarakat bersabar dan tertib karena semua akan dilayani, tambahnya.

Beliau juga menjelaskan bahwa untuk warga yang akan operasi bibir sumbing akan diperiksa kesehatan terlebih dahulu, jika tidak memungkinkan akan dirujuk ke Medan.

Selanjutnya untuk anak - anak yang mengikuti khitanan pada hari ini beliau berpesan kepada orangtua agar menyampaikan surat izin kepada pihak sekolah karena sudah disampaikan kepada Dinas pendidikan Kota Padangsidimpuan untuk diberi kelonggaran pasca penyembuhan khitan.

Sebelumnya, Ketua Satgas BKB Sumut Brigjend TNI (Purn) Harry Yusmandadi menyampaikan bahwa kedatangannya bersama tim untuk melaksanakan kegiatan operasi bibir sumbing, pemeriksaan spesialis, khitanan di Kota Padangsidimpuan.

"Dari 30 orang tim yang hadir ada 8 dokter spesialis yang ikut bersama kami," ucapnya.

Harry menambahkan bahwa sudah ada 6000 anak yang sudah dikhitan dan kedepan akan ada juga rontgen berjalan serta operasi katarak

Kasatgas BKN berharap kedatangannya bersama tim dapat membantu masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan. Tidak lupa dia mengucapkan terimakasih atas respon yang positif dari Pemkot Padangsidimpuan dan seluruh masyarakat.

"Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat dan ini akan menjadi penambah semangat bagi kami dalam bekerja," tutupnya.
Kemudian Kadis kesehatan Padangsidimpuan Balyan Siregar menceritakan bahwa  ini merupakan kedua kalinya satgas BKB Sumut datang ke Padangsidimpuan, dimana yang pertama di bulan februari di kelurahan Wek I, pada kunjungan pertama tersebut satgas BKB Sumut cukup kaget melihat antusiasme masyarakat yang cukup tinggi dan melebihi dari target satgas BKB Sumut.

Ditempat yang sama Kepala UPTD Puskesmas Sadabuan Giopani Simbolon menyampaikan ada 190 orang anak yang mendaftar untuk khitanan, hal tersebut melebihi target Satgas BKB Sumut 100 orang , selanjutnya untuk Penyakit dalam 60 otang dan bibir sumbing 10 orang.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023