Satuan Polisi Air dan Udara (Satpolairud) Polres Asahan menggelar patroli di perairan untuk mencegah gangguan dan meningkatkan keamanan laut, khususnya pada wilayah rawan kejahatan di perairan Bagan Asahan, Sumatera Utara.

Kapolres Asahan AKBP Rocky H Marpaung di Kisaran, Rabu, mengatakan patroli perairan laut Asahan merupakan salah satu bentuk wujud tanggung jawab tugas sebagai personel Satpolairud Polres Asahan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, baik beraktivitas di laut maupun yang bertempat tinggal di pesisir pantai.

Rocky menyebutkan tujuan kegiatan patroli itu untuk mencegah gangguan dari orang yang berbuat jahat di laut, sekaligus juga personel Satpolairud bertukar informasi dengan nelayan.

Selain itu, kata Kapolres, patroli ini juga bertujuan untuk mengantisipasi serta meminimalisir tindak kejahatan serta mencegah secara dini dari gangguan serta ancaman yang timbul dan dapat meresahkan warga masyarakat pesisir ataupun pengguna jasa perairan, sehingga situasi wilayah perairan Bagan Asahan selalu aman dan kondusif.

"Artinya tidak hanya di darat saja keamanan itu dijaga, namun juga keamanan di laut harus dijaga agar para nelayan bisa tenang dan nyaman untuk mencari nafkah," ucapnya.

Kapolres menambahkan dalam patroli itu personel Satpolairud juga memeriksa sejumlah kapal nelayan demi mencegah adanya barang-barang terlarang seperti narkoba dan barang ilegal lainnya, yang memasuki wilayah Bagan Asahan melalui jalur perairan.

"Personel juga memeriksa dokumen kapal serta semua yang ada di kapal untuk mencegah terjadinya barang ilegal masuk yang dapat merugikan negara," ujar Rocky.
 

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023