Personel Satuan Samapta Polres Sibolga menggelar patroli dialogis guna mengantisipasi tindakan premanisme, pungutan liar (pungli), dan parkir liar yang dapat meresahkan masyarakat di berbagai lokasi strategis di wilayah hukum Polres Sibolga, Sumatera Utara.

"Patroli dialogis tersebut bertujuan untuk menciptakan situasi aman dan kondusif serta memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga kota Sibolga," kata Kasat Samapta Polres Sibolga, AKP JP Aruan, dalam keterangan diterima, Selasa.

Aruan menyebutkan dalam melaksanakan tugasnya, para petugas patroli dialogis fokus untuk menghindari dan mengatasi potensi tindakan premanisme jalanan, pungli, dan parkir liar yang dapat mengganggu ketertiban dan keamanan masyarakat.

Selain itu, mereka juga memberikan himbauan kepada warga masyarakat agar jika menemui atau menyaksikan tindakan premanisme jalanan, segera melaporkannya melalui Call Center dan WhatsApp Polres Sibolga yang telah disediakan.

"Hasil dari pelaksanaan patroli dialogis ini sangat memuaskan. Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan baik, sehingga tercipta situasi yang aman dan kondusif dari ancaman tindakan premanisme, pungli, dan parkir liar," ucapnya.
 

Kasat Samapta menambahkan warga Kota Sibolga merasakan langsung kehadiran dan peran aktif personel Polres Sibolga dalam memberantas tindakan premanisme jalanan. Hal ini telah menciptakan rasa aman dan nyaman di kalangan masyarakat. Mengapresiasi kinerja dan dedikasi para personel Samapta dalam menjalankan tugas patroli dialogis tersebut.

Aruan menjelaskan kegiatan ini adalah bagian dari upaya Polres Sibolga untuk senantiasa melindungi dan melayani masyarakat dengan baik.

Melalui patroli dialogis ini, Polres Sibolga berkomitmen untuk terus menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi seluruh warga kota Sibolga.

"Kegiatan patroli dialogis oleh personel Sat Samapta Polres Sibolga ini akan terus dilakukan secara rutin dan terprogram guna memastikan situasi keamanan dan ketertiban di wilayah tersebut tetap terjaga dengan baik," kata Aruan.

Para petugas patroli dialogis yang terlibat dalam kegiatan ini adalah Aiptu Ayub R. Lubis, Bripka Rony K. Naibaho, Bripda Ivan C.B. Sitanggang, Bripda Ruben J. Situmorang, Bripda M. Akbar Pulungan, dan Bripda Enjes Hotasi Sijabat.

Mereka bergerak ke berbagai lokasi penting, antara lain Bank Mandiri, SPBU Taman Bunga, Bank Sumut, Bank BNI, serta pusat perbelanjaan di wilayah Sibolga.*

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023