Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, dan Perdagangan Kota Medan Benny Nasution menyatakan bahwa Rumah Kemasan untuk UMKM di wilayahnya ditargetkan beroperasi mulai September 2023.

"Persiapannya mulai bulan delapan (Agustus-red) sehingga bulan sembilan bisa beroperasi," ujar Benny kepada ANTARA di Medan, Minggu.

Menurut dia, pendirian Rumah Kemasan tidak memakan terlalu banyak waktu karena lokasinya di Pusat Industri Kecil, Medan Denai, dan sudah memiliki ruangan yang cocok.

Dengan begitu, Pemkot Medan tinggal memoles sedikit termasuk melengkapinya dengan peralatan yang diperlukan.

Nantinya, Rumah Kemasan tersebut akan menjadi sentra pelatihan pembuatan kemasan bagi UMKM Medan. Semua disediakan secara gratis sebagai bentuk pelayanan Pemkot Medan kepada UMKM.
"Semuanya gratis. Di sana, pelaku UMKM akan diberikan pelatihan. Kami ingin pelaku UMKM Medan tidak lagi mencari kemasan yang bagus dari luar daerah," tutur Benny.

Rumah Kemasan menjadi salah satu dari tujuh program prioritas Kementerian Koperasi dan UKM di bawah kepemimpinan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

Teten mengatakan, keberadaan Rumah Kemasan di beberapa wilayah di Indonesia penting agar produk UMKM lebih laku di pasaran.

Sementara Kementerian Perindustrian mencatat ada 41 Rumah Kemasan di Indonesia yang berlokasi di beberapa provinsi, seperti Sumatera Barat, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Barat dan Maluku.

Pewarta: Michael Siahaan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023