Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengatakan memperhatikan kebahagiaan anak merupakan salah satu peran penting yang harus dilakukan orang tua terhadap proses tumbuh kembang seorang anak.

"Saya mengingatkan kepada orang tua untuk memperhatikan kebahagiaan anak, karena kebahagiaan sangat penting untuk tumbuh kembang anak, termasuk kecerdasan dan kemampuan akademiknya," ujar Edy Rahmayadi, di Medan, Rabu.

Ia menjelaskan ada perbedaan besar dalam mendidik anak di setiap generasi, termasuk generasi saat ini yang sangat jauh berbeda dengan generasi orang tuanya. Walau begitu, kebahagiaan tetap sama pentingnya untuk anak-anak di setiap generasi.

“Kalau saya dulu, cuma pakai celana pendek lompat dari jembatan Sungai Deli di Avros, Medan, berhanyut sama kawan-kawan, itu kebahagiaan kami waktu itu. Kalau kalian sekarang tentu beda, tetapi yang sama tetap soal kebahagiaan, kalian harus bahagia, senang, tidak tertekan dan ini perlu diingat orang tua,” kata Edy Rahmayadi.

Menurut dia, tantangan yang akan dihadapi anak-anak saat ini kedepannya akan lebih sulit lagi.
 

Untuk itu, kewajiban orang tua, guru dan lingkungan agar mempersiapkan mereka untuk menjadi pemimpin masa depan untuk mewujudkan kesejahteraan di Sumut.

“Tugas kita orang tua mempersiapkan mereka, kalau tidak kita fasilitasi dan mereka gagal berarti itu karena kita, kita yang gagal membekali mereka dan ini penting karena tantangan mereka ke depan akan lebih sulit dari kita," kata Edy.

Mantan Pangdam I Bukit Bukit Barisan ini juga mengatakan anak merupakan generasi penerus yang harus dilindungi oleh seluruh pihak.

“Inilah anak-anak ini, harus kita sayangi, Tanpa mereka, negara ini tidak akan pernah ada kader pengganti," ujar Edy.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023