Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dalam kegiatan Raimuna Pramuka Sumatera Utara Daerah Ke-VIII bertempat di Lapangan Alun-alun Tengku Amir Hamzah Stabat, Selasa, (4/7) menyampaikan di Indonesia memiliki tiga komponen untuk menjaga NKRI yakni komponen utama, komponen pendukung dan cadangan.

Dimana Pramuka masuk di dalam komponen cadangan. Jadi komponen cadangan nanti, saya akan beritahu dengan waktu yang singkat karena tempat yang seperti ini saya berharap, saya minta ini ditindaklanjuti  ketiga komponen, baik komponen cadangan, komponen pendukung.

Hal ini dapat terlihat dari kesiapan-kesiapan seperti yang ada di lapangan ini, ada kesiapan-kesiapan di daerah, ada kesiapan-kesiapan nasional, ada kesiapan-kesiapan tempat-tempat latihan pramuka, ada kesiapan-kesiapan sumber daya alam yang menjadikan untuk mendukung komponen utama," jelasnya. 
 

Gubernur menjelaskan komponen cadangan ini seperti adik-adik pramuka, garis besarnya. Kenapa komponen cadangan ada di Indonesia, karena tidak melakukan latihan wajib militer di Indonesia namun dilakukan Bela Negara yang mewajibkan kita untuk kesiapan sebagai komponen cadangan itulah Pramuka salah satunya.

"Anda harus berdiri dengan disiplin di lapangan ini, inilah suatu kegiatan latihan mental dan fisik kalian untuk menjadi sebagai kesiapan komponen bela negara, materi-materi kepramukaan ada di situ semaphore, ada morse ada talimenali, kompas, ada pengetahuan obat-obatan dan kegiatan-kegiatan lain di lapangan yang harus kalian kuasai sampai setingkat mahir," ujarnya.

"Karena itu adalah tuntutan sebagai komponen cadangan seperti adik-adik yang berdiri di depan saya adalah sebagai penegak dan pandega adalah yang sudah senior yang sudah memahami yang sudah mengerti inilah yang harus kita jadikan kesiapan-kesiapan," ungkap Edy Rahmayadi.

 

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023